Skip to main content

Yaumul Mahsyar : Penantian dan Pembagian Manusia di Padang Mahsyar

Yaumul mahsyar secara bahasa artinya hari berkumpul, sedangkan menurut istilah adalah hari dikumpulkan nya manusia sejak jaman Nabi Adam as hingga umat akhir zaman tanpa terkecuali di padang mahsyar .
Pada hari itu semua manusia mengalami proses penungguan yang luar biasa lama nya, tanpa makan dan minum,tanpa ada nya udara yang menyejukan.
Yang ada waktu itu hanyalah penyesalan dan penderitaan.

yaumul mahsyar

Saking luar biasa nya bahkan beberapa riwayat menyebutkan jika banyak dari manusia yang dulu semasa hidup nya membuat kerusakan di muka bumi, tubuh nya tenggelam oleh keringat nya sendiri karena jarak dengan matahari hanya sejengkal dari kepala nya.

Note :
Artikel yaumul mahsyar ini merupakan kelanjutan dari bab yaumul hasyr : keadaan manusia dari alam kubur
yang sudah penulis bahas sebelum nya.

Keadaan menyedihkan,menyengsarakan selama penantian di padang mahsyar ini berlangsung selama 300 tahun atau ( dalam beberapa riwayat ) sampai 50 ribu tahun lama nya, hingga datang nya safaat Rosullullah SAW.

Umat manusia tumpah ruah menjadi satu di padang mahsyar , berkeluh kesah dan menyesali perbuatan nya selama hidup di dunia.

Secara umum, pada saat yaumul mahsyar ini manusia terbagi menjadi 2 golongan besar :

  1. Golongan umat islam : pengikut ajaran Allah sejak zaman Nabi Adam higga Rosululah. Golongan ini juga dibagi lagi menjadi 12 baris sesuai dengan perbuata mereka selama hidup nya.
  2. Golongan orang orang kafir dan turunan nya.
Pembagian 3 golongan umat manusia di yaumul mahsyar

Nabi Muhammad SAW pernah menyinggung tentang bagaimana kondisi manusia saat di giring ke padang mahsyar dalam hadits nya berikut :

Kelak di hari kiamat manusia akan digiring menjadi 3 kelompok ;
1. Kelompok berjalan dengan kaki
2. Kelompok yang mengendarai kendaraan
3. Kelompok yang berjalan dengan wajah mereka

Lalu ada yang bertanya kepada rosul : ya rosul, bagaimana mereka mampu berjalan dengan wajah mereka. ..
Lalu nabi berrsabda : sesungguh nya yang maha menjadikan, mereka mampu berjalan dengan kaki itu,dan menjadikan mereka berjalan dengan wajah mereka.
Ketahuilah mereka dapat berjalan dengan cepat walau dengan wajah mereka  sekalipun dari tempat yang tinggi dan berduri. 
( HR. Imam tirmidzi melalui Abu Hurairah ra)

Penjelasan tentang hadits di atas :
Ketiga kelompok ini memiliki pengertian sebagai berikut :
  1. Kelompok berkendara : orang orang muslim yang baik amal ibadah nya
  2. Kelompok berjalan dengan kaki : orang islam yang jelek amal ibadah nya selama hidup
  3. Kelompo berjalan dengan wajah nya : orang orang kafir dan turunan nya, termasuk manusia takabur,fasiq,tidak mau mendengar nasehat .

Pembagian 3 kelompok di yaumul mahsyar tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa kelompok lagi . Misal ; orang kafir nanti akan di pimpin oleh abu jahal,firaun atau yang lain nya dimana pengikut nya berjalan di belakang nya.

Benar kah di yaumul mahsyar manusia dikumpulkan dalam keadaan telanjang ?

yaumul mahsyar 2

Sobat simbah dan termasuk penulis sendiri sering mendengar ceramah ceramah yang menyatakan bahwa di yaumul mahsyar ketika semua manusia di kumpulkan di padang mahsyar dalam keadaan telanjang.
Tapi mereka tidak merasakan jika masing masing dari mereka itu dalam keadaan telanjang.
Apakah benar demikian ?

Mari kita simak hadits Nabi SAW berikut ini :
Para manusia dikmpulkan di hari kiamat dalam keadaan seperti bayi yang dilahirkan ibu nya, tidak beralas kaki dan telanjang bulat ..
Aisyah bertanya ; Alangkah jelek nya , mereka bisa melihat yang satu dengan yang lain.

Lalu nabi menepuk pundak Aisyah sambil berkata : wahai anak perempuan abu quhafah , semua manusia dikala itu sangat sibuk dan tidak ada kesempatan untuk melihat satu sama lain. Pandangan mereka membelalak ke langit . Mereka berdiri selama 40 tahun tanpa makan dan minum , diantara mereka ada keringat nya sampai ke lutut,mata kaki,betis nya hingga perut nya, selalu ada selama mereka berdiri ( 40 tahun itu ).
Aisyah bertanya : apakah ada diantara mereka ada yang dikumpulkan dengan berpakaian /
Rosul : ada, para nabi dan keluarga nya,mereka yang berpuasa pada bulan rajab,sya'ban hingga ramdhan secara berurutan . 
Semua manusia pada hari itu merasa lapar ,kecuali para nabi dan keluarganya, dan orang orang yang berpuasa di bulan rajab,sya'ban maka mereka merasa kenyang, tidak merasa haus atau lapar .
mereka semua di bawah padang mahsyar di baituil maqdis di desa yang nama nya as sahira.
( hadits durratun nashihin)

Umat islam dibagi menjadi 12 barisan

Ada beberapa perbedaan pendapat mengenai penggolongan umat islam di yaumul mahsyar ;
Ada yang menyatakan umat islam di bagi kedalam 12 baris,120 baris. Bahkan ada juga yang menyatakan seluruh umat manusia di bagi kedalam 120 baris dengan umat islam hanya 3 baris saja.

Perbedaan ini tidak perlu di permasalahkan karena yang haq adalah wallu a'lam. Yang jadi pertanyaan dan PR kita adalah akan masuk golongan mana kita nanti nya ?.

Mengenai pembagian barisan umat islam ini, ada sebuah kisah dimana suatu hari sahabat Muads bin jabal bertemu dan menanyakan maksut dari firman Allah dalam surat an naba ayat 18 : 

Artinya :
Pada hari sangkakala ditiup ,maka kalian semua datang dengan berbondong bondong

Baca juga : 

Kemudian sambil menagis Nabi Muhammad SAW menjawab :
Wahai Muads engka telah bertanya pada ku mengenai hal besar, Ketahuilah sesungguh nya nanti umat ku akan digiring menjadi 12 barisan :

Barisan Pertama : Mereka digiring dari kubur nya tanpa tangan dan kaki, lalu Allah berseru ; mereka adalah ahli yang menyakiti tetangga nya .

Barisan kedua : mereka digiring dari kubur nya dengan bentuk babi, kemudian Allah berseru ; mereka adalah orang yang meremehkan shalat nya.

Barisan ketiga : mereka digiring dari kubur nya dengan perut membuncit ibarat gunung yang penuh dengan ular . Kemudian Allah berseru ; mereka adalah orang yang enggan mengeluarkan zakat.

Barisan keempat : digiring dalam bentuk mulut penuh dengan darah , lalu Allah berseru ; mereka adalah orang yang berdusta dalam berdagang

Barisan kelima : Mereka digiring dengan menjadi angin yang berhembus dimana bau nya lebih busuk dari bangkai, lalu Allah berseru ; mereka adalah orang yang menyembunyikan perbuatan durhaka

Barisan keenam : digiring dengan keadaan tenggorok dan tengkuk nya terputus , lalu Allah berseru ; mereka lah orang orang yang suka bersaksi palsu

Barisan ketujuh : digiring dengan tanpa lidah serta di mulut nya bercampur kotoran,nanah dan darah, lalu Allah berseru ; ini adalah orang orang yang enggan memberi kesaksian

Barisan kedelapan : digiring dari kubur nya dengan kondisi tubuh terbalik dimana kepala di bawah lalu kaki di atas. Kemudian Allah berseru ; mereka adalah orang orang yang berbuat zina lalu mati sebelum taubat

Barisan kesembilan : dengan berwajah hitam,mata biru dan perut nya penuh dengan api . Lalu ada seruan : mereka adalah orang yang memakan harta anak yatim

Barisan kesepuluh : digiring dengan tubuh penuh dengan penyakit kusta dan kudis, lalu Allah berseru : mereka adalah golongan orang yang durhaka pada kedua orang tua mereka.

Barisan kesebelas : digiring dalam keadaan buta mata dan hati nya,dimana gigi nya seperti tanduk sapi jantan,bibir nya terbuka lebar sampai ke dada, lidah nya menjulur panjang sampai ke perut dan dari perut mereka keluar kotoran.  lalu terdengar seruan ; mereka adalah golongan peminum minuman keras.

Barisan kedua belas : mereka digiring dari kubur nya dalam keadaan bersih seperti bulan purnama. Lalu Allah berseru ; mereka inilah orang orang shaleh yang selalu menjaga hati dan perbuatan nya.

Dikumpulkan di padang mahsyar selama 25 ribu tahun

Manusia dibangkit kan dari alam kematian ( baca : yaumul baats : awal menegangkan manusia setelah kematian ) ,kemudian di giring menuju mahsyar seperti kondisi diatas .

Mereka berkumpul di padang mahsyar untuk menatikan keputusan Allah SWT , lama nya penantian itu berkisar selama 25 ribu tahun.

Sebenar nya berapa lama waktu penantian di yaumul mahsyar ini masih menjadi perdebatan para ulama, beberapa diantara mereka meyakini hanya selama 100 tahun kebawah, Ibnu Abbas berkata 500 tahun , Ka'ab berkata 300 tahun, sedangkan Abdullah bin Amr justru berkata pernah mendengar langsung bahwa Rosul menyatakan selama 50 ribu tahun.

Namun yang jelas , semenjak mereka dibangunkan dari alam kubur ,lalu berdiri dalam penantian di yaumul mahsyar rata rata selama 25 ribu tahun.

Jika ditilik dari rataan umur manusia sekarang yang hanya berkisar di angka 65 tahun, keadaan yang terjadi di yaumul mahsyar ini sungguh sangat luar biasa sekali.

Maka benar lah ungkapan tentang hidup di dunia ini hanya lah sebagai persinggahan semata.
Rosullulah Saw bersabda :

Pada hari itu manusia berdiri menghadap tuhan yang menguasai alam semesta selama setengah hari, dimana 1 hari nya itu selama 50 ribu tahun, tetapi bagi mereka yang beriman diringankan penantian nya seperti lama nya matahari mulai tenggelam sampai betul betul tenggelam.
( Hr abu yu'la dan ibnu hibban )

Jika melihat hadit ini, maka beruntung lah orang orang yang beriman itu. karena keadaa penantian nya di yaumul mahsyar tidak lah selama ribuan tahun melainkan hanya merasa 10 menit atau 5 menit saja ( matahari mau tenggelam sampai benar benar tenggelam ).

1. Keadaan keringat manusia 

Selama ribuan tahun tidak beralas kaki, telanjang bulat ,matahari setinggi dekat kepala sehingga keringat membanjiri dunia , ini sesuai dengan sabda nabi :

Pada hari itu manusia berdiri dihadapan tuhan yang menguasai alam sampai ada yang terbenam oleh keringat mereka dan ada yang sampai pada daun telinga mereka ( Hr imam bukhori muslim )

2. Syafaat rosulullah SAW

Apa yang manusia tunggu di yaumul mahsyar hanyalah keputusan akan masuk kemana mereka, surga atau neraka.
Seperti yang sudah penulis bahas diatas, penantian ini sangat menyengsaran sehingga satu satu nya harapan umat manusia dari zaman Nabi adam sampai akhir zaman hanyalah syafaat Nabi Muhammad SAW .

Hal ini sesuai dengan hadits berikut :

Syafaat ku kelak di hari kiamat adalah benar, barangsiapa yang tidak mempercayainya , artinya ia bukan ahli nya ( HR.Iman ibnu Munii )

Di yaumul mahsyar nanti, hanya ada 7 golongan orang saja yang memperoleh syafaat dari Rosullullah . Orang orang seperti apa yang bakal mendapat syafaat nabi nanti nya dapat kita lihat pada hadits nabi berikut :

Ada 7 golongan manusia dimana Allah ta'ala akan menaungi nya dalam naungan nya :
1. pemimpin yang adil
2. pemuda yang taat kepada Allah
3. Lelaki yang hati nya selalu condong hati nya ke masjid ketika ia keluar dari masjid sampai ia kembali lagi
4. dua orang yang saling kasing sayang karena Allah
5. dua orang yang bertemu dan berpisah karena Allah
6. laki laki yang selalu berzikir kepada Allah dalam keadaan sendiri sampai mengeluarkan air mata
7. laki laki yang dirayu oleh wanita cantik dan kaya tapi dia malah berkata ; aku takut kepada Allah. dan orang yang suka bersedekah dengan cara sembunyi sembunyi

Pembahasan selanjutnya bab : Padang mahsyar , kericuhan makhluk sebelum datang nya syafaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar