Skip to main content

Yaumul Hasyr : Keadaan Manusia Dari Alam Kubur

Yaumul Hasyir adalah hari dimana manusia dibangkit kan lagi dari alam kubur pada saat tiupan ketiga oleh malaikat Israil.
Pada saat dibangkitkan tersebut manusia ,jin dan iblis akan dikumpulkan disuatu tempat yang sangat luas ' padang mahsyar nama nya ' .

yaumul hasyr

Di hari yaumul hasyir ini lah awal mula penderitaan berat manusia dalam menanti lama nya proses keputusan Allah SWT.
Artikel ini merupakan kelanjutan dari bab :
Yaumul baats, awal menegangkan bagi manusia setelah kiamat  dan dalil tentang terjadi nya kiamat silahkan simbah baca disana.

Bab yaumul hasyir ini hanya akan fokus pada pembahasan mengenai bagimana kondisi kondisi manusia ketika dibangkit kan sesuai dengan kelakuan nya semasa hidup dahulu.

Bagaimana tahapan tahapan manusia saat dibangkitkan kembali ?
Menurut Syekh Al Laqqaani proses kebangkitan itu terjadi sebagai berikut :
  1. Dibangkitkan dari kubur ; kemudian menghadap Allah SWT
  2. Berkumpul di padang mahsyar ; mereka dikumpulkan secara terpisah berdasarkan tiap tiap nabi di zaman mereka hidup, mulai barisan dari jaman nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW.
  3. Membagikan catatan amal perbuatan ; yang amal nya baik mengambil catatan dengan tangan kiri, sedang kan amal nya buruk melakukan hal sebalik nya.
  4. Pertanyaan
  5. Penghisapan kemudian dilanjutkan dengan penimbangan amal 'mizan' .
  6. Penentuan dimana mereka akan hidup kekal, di neraka ( proses pencucian diri bagi yang beriman dan banyak dosa ), di neraka untuk selama nya ( bagi yang kafir ) dan di surga dengan segala kenikmatan nya.
Pada bab sebelum nya ( lihat diatas ) saya sudah menuliskan detail bagaimana Rosul Saw dibangkit kan oleh Allah SWT secara rinci dengan segala kemulyaan dan kehormatan, nanti ketika semua manusia juga telah dibangkit kan maka Nabi Muhammad akan dapat dengan mudah mengenali umat nya.
Dan salah satu cara beliau mengetahui nya adalah dari wudhu nya.
Wajah orang yang suka ber wudhu , nanti di padang mahsyar akan bercahaya. Dari sini lah Nabi mengetahui kalau mereka lah umat nya.

Sabda Nabi :
Ya Rosullullah, tanda apakah yang membuat tuan mengetahui umat tuan di hari pembalasan ? . Beliau menjawab ' sesungguhnya umat ku pada hari kiamat kelak tampak putih bersinar dari bekas wudhu nya ( Hadits: Durratun Nashihin).

Dengan tanda itu dapat dipastikan bahwa dia adalah umat islam. Jikalau dulu  saat berwudhu dia membasuh kaki nya sampai ke lutut , maka sinar itu akan sampai ke lutut, wajah nya bersinar ,telinga dan tangan nya bercahaya,pun termasuk dengan rambut nya.

Ketika datang saat saat krusial seperti diatas, maka na'as lah mereka yang jarang dan bahkan tidak pernah berwudhu. Karena mungkin saja akan tersingkir dan tidak diakui sebagai umat Muhammad dikarenakan dia tidak memiliki identitas sebagai kaum muslimin.

Sebelum kamu di wudhu kan tetangga mu, perbanyak lah berwudhu mbah....
Belum paham cara wudhu ? baca tata cara nya di bawah ini :

Pengertian wudhu disertai tata cara wudhu dengan gambar nya  Setelah itu, supaya lebih sempurna baca ini: doa sebelum dan sesudah wudhu lengkap arab dan latinbeserta keutamaan nya

Tanda umat Muhammad selanjutnya, memiliki 'min atsaris sujuud' di dahi nya.
Sabda nabi :

Manakala telah datang hari kiamat, Allah akan membangkit kan semua makhluk dari kubur nya, kemudian para datang pada kubur nya orang orang beriman lalu mengusap ngusap kepala mereka dari kotoran debu ,serta mengibas ngibaskan kotoran debu dari tubuh mereka. Lalu mengibas ngibas tempat sujud di dahi nya.

Berkali kali malikat mencoba menghilangkan tanda di dahi mereka namun tak membuahkan hasil sama sekali, hingga datang suara Allah SWT berfirman ;

Wahai para malaikat ku , itu bukan debu kotoran dari kuburan nya, melainkan debu tempat mereka shalat. Biarkan saja demikian hingga mereka melewati sidrotul mustaqim dan masuk surga.
Sehingga tiap tiap orang yang memandang mereka , mereka mengetahui bahwa dia para pembantuku dan para hamba hamba ku . ( Hadits durratun Nashihin).

Pada saat yaumul hasyir ini terjadi, ada kelompok kelmpok manusia tertentu yang ketika dibangkit kan oleh Allah langsung mendapat sambutan dari malaikat.
Hal ini dijelaskan oleh Nabi SAW dalam hadits nya :

Ada kelompok manusia yang disambut malaikat pada yaumul hasyir ; 1. orang yang mati syahid , 2. orang yang mengerjakan shalat malam di bulan ramadhan, 3. orang yang berpuasa di hari arafah ( Hadist melalui ibnu sarrah ra, durratun nashihin)

Pada yaumul hasyir, yaitu ketika sesudah alam hancur lebur lalu semua makhluk di bangkit kan . Mata mereka memandang dengan pandangan kosong , sementara hati mereka hancur lebur . Sedikit pun tidak berbicara ...

Suasana seperti ini terjadi selama 300 tahun lama nya ( hitungan tahun akhirat) , selama itu pula mereka tidak makan,tidak minum ,tidak pula merasakan hembusan angin sama sekali.

Suatu hari saat Rosul membaca surat Al mutafifin 6 :



Lalu Beliau bersabda:
Dari Abdullah bin Amr ; bagaimana dengan kalian, apakah kalian dikumpulkan oleh Allah , yang mana pengumpulan itu seperti menumpuk anak panah pada tempat nya selama 50.000 tahun , dan dia tidak melihat mu sama sekali ( Hr Imam Tabrani)

Bab selanjut nya : yaumul mahsyar penantian dan pembagian manusia di padang mahsyar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar