Skip to main content

Periode Hari Akhir , Pembagian Buku Catatan Amal

Pada periode hari akhir ini sebelum Allah ta ala menghisab amal perbuatan manusia , terlebih dahulu akan diberi buku catatan amal , lalu dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan kepada manusia mengenai umur dan waktu atau lainnya dihabiskan untuk apa ( nanti akan dibahas pada postingan selanjut nya ).

periode akhir

Buku buku catatan amal ini disebarkan atas kehendak Allah SWT , layaknya seperti musim salju yang banyak bertebaran butiran butiran salju.
Artikel Periode Hari Akhir , Pembagian Buku Catatan Amal ini merupakan kelanjutan dari bab padang mahsyar,kericuhan makhluk sebelum datang nya syafaat.

Demikian juga buku buku catatan manusia berterbangan kepada manusia yang berhak , sesuai dengan seruan yang menyerukan :

Baca juga :
Keutamaan shalat berjamaah dan shalat sunnah
Doa sesudah dan sebelum wudhu lengkap arab dan latin

'' Hai fulan, ambillah catatan amal mu dari sebelah kanan. Hai fulan ! ambilah catatan amal mu dari sebelah kiri. Hai fulan ! ambillah catatan amal mu dari belakang !. "

Orang orang bertaqwa mengambil buku catatan amal nya dari sebelah kanan, dimana catatan mereka sangat baik.
Para penghuni neraka mengambil catatan amal nya dari sebelah kiri , dan orang orang kafir mengambil buku catatan amal nya dari belakang.

Lalu berkata lah orang orang kafir ini : Celakalah, buku apa ini !


Artinya :
Apabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, dan apabila bumi diratakan, dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya). Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka dia akan berteriak,   "Celakalah aku.” Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir). Sesungguhnya dia yakin bahwa dia sekali-kali tidak akan kembali (kepada Tuhannya). (Bukan demikian), yang benar, sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya.

Dari cara pengambilan buku catatan amal ini sudah dapat diketahui termasuk orang orang celaka, atau orang orang yang suka mencampur adukkan antaraamal saleh dengan kejahatan, mereka mengambil dengan tangan kiri karena kedurhakaan nya.

Sedangkan orang orang kafir kondisi nya sangat celaka, , tangan tangan orang kafir diikat terbelenggu dijadikan satu dengan kepala nya, kemudian tangan kiri nya d tekuk kebelakang berada di punggung.
Dari punggung itu lah diterima kan buku catatan perbuatan mungkar nya.

Sabda Nabi :
Semua catatan itu disimpan dibawah arsy. Bilamana hari kiamat sudah datang, Allah mengirimkan angin , maka semua catatan amal berterbangan ke kanan ke kiri.
Tulisan pertama didalam ialah : Bacalah catatan mu ini, cukup hari ini diri mu sendiri menghitung dirimu
( HR.Imam ahmad dan Imam Trimidzi )

Dalam catatan tersebut semua hamba mengetahui perilaku zaman lalu di dunia. Dan catatan tersebut selalu benar dan pasti benar adanya, sebab yang mencatatnya adalah malaikat pesuruh Allah , Sesuai dengan firman Allah SWT :


artinya :
(Allah berfirman): "Inilah kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan".

Kebanyakan dari para ahli tafsir berpendapat bahwa pencatatan yang di aluh mahfudh itu adalah hasil dari para malaikat setiap tahun nya , yang diambil dari apa apa yang dikerjakan oleh anak cucu adam. 
Maka mereka memperoleh apa apa yang memang benar sesuai dengan yang mereka lakukan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar