Skip to main content

Padang Mahsyar ,Kericuhan Makhluk Sampai Datang nya syafaat

Terlunta lunta di padang mahsyar selama 25 ribu tahun bukan lah waktu yang sebentar, Bahkan di dunia pun belum ada umur manusia yang sanggup mencapai angka ribuan tahun kecuali yang dikecualikan oleh Allah sebagai misal Nabi Khidir as.

padang mahsyar

Saat masa penantian di padang mahsyar keringat pun ada yang menenggelam kan mereka sendiri, keresahan dan lain lain sebagai nya bercampur menjadi satu , sampai sampai kondisi mereka yang telanjang bulat tak saupun dari mereka menyadari nya.

Karena saking dahsyat nya kejadian ini.
Artikel Padang Mahsyar ,Kericuhan Makhluk Sampai Datang nya syafaat ini merupakan kelanjutan dari bab terdahulu tentang Yaumul Mahsyar : Penantian dan Pembagian Manusia di Padang Mahsyar

Saat di padang mahsyar manusia kebingungan kesana kemari meminta pertolongan. Lalu mereka ingat selama di dunia punya Nabi.
Maka mereka datang mencari Nabi nya masing masing..

Pencarian nabi ini berlangsung selama beribu ribu tahun lama nya. Setelah sekian lama masa pencarian akhir nya mereka dapat menemukan Nabi.
Namun naas, saat di temui mereka hanya mengatakan :

Tuhan ku telah marah yang belum pernah marah seperti hari ini ... ( dan seterusnya ) , pergilah kepada orang lain selain aku, sebab aku merasa punya dosa kepada Allah sehingga aku malu memintakan ini kepada nya.

Mereka pun terus mencari dan mencari selama beribu ribu tahun, namun jawaban nabi yang ditemui selalu sama.
Ringkasan proses tersebut tertuang dalam sabda Nabi Muhammad SAW berikut :


''
Rosulullah dibawakan sekerat daging ,kemudian lengan beliau mengangkat daging itu , beliaupun menggigit daging itu dengan gigi depat sekali gigit. Setelah itu beliau bersabda :
Aku adlah pemimpin segala rosul pada hari kiamat , apakah kau mengetahui ,kenapa hal itu bisa terjadi ? 

Ketahuilah Allah akan mengumpulkan orang orang sejak zaman pertama ( mulai dari nabi adam) sampai pada orang orang zaman penghabisan pada suatu tempat di dataran tinggi..

Mereka mendengarkan akan yang memanggil. Pandangan mereka tembus dan keadaan matahari di dekatkan. Disinilah manusia sampai pada taraf kesusahan dan kesempitan , dimana mereka tidak sanggup memikul kesusahan itu .

Para manusia berkata kepada sebagian dan sebagian yang lain : apakah kamu tidak melihat apapun yang sudah sampai kepada kamu !.
Lalu sebagian yang lain berkata : adakah tidak engkau ketahui ,siapakah yang akan memberi syafaat  untuk kami kepada tuhan mu ?!

Akhir nya ada sebagian manusia menyatakan kepada yang lain : 
Kamu harus pergi ke Nabi adam as.... !
Mereka pun pergi mencari nabi adam, lalu setelah bertemu mereka berkata kepada nabi adam : engkau adalah bapak nya manusia ,Allah ciptakan engkau dengan kuasa nya, dia zat yang meniup kan roh kepada engkau.
Dia perintahkan malaikat bersujud kepada engkau, kemudian para malaikat bersujud.
Maka berilah kami pertolongan ( syafaat)  kepada kami atas tuhan engkau.

Kemudian Nabi adam as berkata kepada mereka : hari ini tuhan ku sangat marah ,dimana sebelum nya kemarahan itu belum pernah ada. dan setelah itu dia pun tidak akan marah yang seperti ini.

Dia sudah melarang ku agar tidak mendekati pohon kayu itu, tapi aku mendurhakai nya dan diri ku sendiri. Maka aku malu meminta kan tolong pada nya. Pergilah kalian pada Nabi Nuh.

Mereka pun datang kepada Nabi Nuh lalu berkata : wahai nuh as, engkau adalah utusan pertama atas penduduk bumi ini dan Allah menyebut engkau sebagai hamba yang bersukur. Untuk itu berilah kami syafaat kepada tuhan engkau , apakah engkau tidak melihat akan dosa dosa yang kami lakukan terhadap nya.

Nabi Nuh as menjawab : pada hari ini tuhan ku telah marah dengan kemarahan nya yang sebelum nya belum pernah terjadi .
Bagi ku telah ada doa yang aku doakan kepada kaum ku secara nafsi nafsi ( sendiri sendiri ) . 
Pergilah kalian kepada Nabi Ibrahim Khalilullah !

Mereka pun datang menjumpai Nabi Ibrahim as, kemudian mereka berkata : Engkau adalah Nabi nya Allah sekaligus kekasih nya diantara penduduk bumi ini .
Maka berilah kami syafaat kepada tuhan engkau , tidak kah engkau melihat akan dosa dosa yang kami lakukan pada nya !.

Nabi Ibrahim menjawab : 
hari ini tuhan ku telah marah dengan kemarahan yang belum pernah terjadi sebelum dan sesudah nya. 
Ketahuilah aku telah berdosa 3 x yang disebabkan oleh diri ku sendiri. 
Pergilah kalian kepada orang selain aku , pergilah kalian kepada Nabi Musa as.

Lalu mereka mendatangi Musa kemudian berkata : wahai Musa, engkau ini adalah utusan Allah , Allah melebihkan engkau dengan risalah nya dan kalimah nya atas manusia , maka berilah kami syafaat mu atas tuhan mu. 

Nabi musa menjawab : sesungguh nya pada hari ini tuhan ku telah marah yang sebelum nya tidak pernah semarah ini . 
Ketahuilah, aku telah membunuh seorang jiwa dimana aku tidak diperintah membunuh nya . Maka pergilah kalian kepada orang selain aku, Pergilah kalian kepada Nabi Isa as.

Lalu mereka pergi menemui Nabi Isa dan berkata : 
Wahai isa engkau adalah utusan Allah dan kalimah nya, dia meletakan kepada maryam roh ,engkau di kehendaki mampu berkata kata sekalipun masih dalam ayunan. 
Maka berilah kami syafaat atas nama tuhan engkau.

Lalu Nabi Isa menjawab : 
Pada hari ini tuhan ku telah marah ,dimana kemarahan seperti ini belum pernah ada sebelum nya  dan dia tidak akan marah lagi setelah nya.

Ketahuilah dia telah menyebutkan dosa dosa diriku... maka kalian pergilah kepada orang selain aku , Pergilah kalian kepada Nabi Muhammad SAW !

Lalu mereka datang kepada Nabi Muhammad SAW sambil berkata :
Wahai Muhammad , engkau adalah utusan Allah dan penutup para Nabi , dosa dosa engkau telah diampuni oleh Allah, baik dosa yang terdahulu atau dosa dosa yang akan datang .
Maka berilah syafaat kepada kami .

Atas permintaan umat manusia , lalu aku ( Muhammad ) berjalan di bawah arsy. Aku menjatuhkan diri bersujud kepada tuhan ku .
Setelah itu,
Kemudian Allah ta ala membuka kan untuk ku dari segala pujian nya dan kebaikan sanjungan kepada nya akan segala sesuatu yang belum pernah di bukakan kepada seseorang sebelum aku.

Kemudian dikatakan :
Wahai muhammad, angkat lah kepala mu dan mintalah , pasti akan diberikan kepada mu !. Bersafaatlah ,pasti engkau akan disyafaatin dari nya .

Kemudian aku mengangkat kepala lalu berkata : 
Umat ku .... umat ku , wahai tuhan !.

Lalu dikatakan :
Wahai muhammad , masukanlah diantara umat mu atas orang orang yang bebas hisapan atas mereka melalui pintu kanan diantara pintu pintu surga .
Dan bagi mereka pengikutnya kan melewati pintu yang lain ...!

Kemudian Nabi SAW menyambung perkataan nya :  Demi Allah  yang jiwaku dalam kekuasaan nya ; antara dua pintu samping adalah sebagian dari samping samping pintu pintu surga , layak nya antara makkah dan himyar atau antara mekkah dan bushra

( HR. Imam Bukhori Muslim )''

Hadits diatas adalah sebuah penjelasan dari seperti apa proses datang nya syafaat Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat manusia saat di padang mahsyar nanti nya.
Setelah datang nya syafaat ini kemudian Allah baru memutuskan waktu hisab bagi manusia.

Pembahasan selanjut nya : Periode akhir, pembagian buku catatan amal
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar