Skip to main content

Keutamaan Shalat Berjamaah :Shalat sunnah dan Wajib

Keutamaan Shalat berjamaah serta hadits dan ayat nya - Fokus pembahasan kali ini adalah keutamaan dari shalat lima waktu berjamaah dan shalat sunnah berdasarkan pada ayat dan hadits Nabi Saw.

keutamaan shalat berjamaah

Shalat berjamaah yang seperti apa maksut nya disini ? menurut al imam Bukhari ra, keutamaan shalat berjamaah disini hanya berlaku bagi mereka yang mengerjakan nya di dalam masjid.
Jadi, Untuk yang shalat di rumah walaupun itu berjamaah tidak akan mendapatkan keutamaan ini.

Beberapa keutamaan shalat 5 waktu :

1. Mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, sebagai mana dinyatakan dalam surat al an kabut ayat 46 :
Artinya :
Dan dirikan lah shalat, sesungguhnya shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar

2. Menghapus dosa dosa kecil, sebagaimana tertuang dalam hadits nabi saw berikut :

Artinya :
Bagaimana pendapatmu, seandainya di depan pintu salah seorang diantara kalian ada sebuah sungai yang dipergunakan untuk mandi setiap hari sebanyak 5 kali , pakah masih ada kotoran yang menempel di badan mu ? . 
Para sahabat menjawab ; tidak ada kotoran yang menempel di badan sedikit pun !. 
Nabi berkata lagi ; begitulah perumpaan shalat 5 waktu , dengan shalat 5 kali dalam sehari itu Allah akan menghapus dosa dosa ( Muttafakun alaihi )

3. Shalat diibaratkan sebagai sumber cahaya baik di dunia maupun di akhirat, Hal ini tercantum dalam hadits Nabi saw :

“Siapa yang menjaga shalat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf.” (HR. Ahmad 2: 169)

Coba simbah perhatikan pada orang orang yang selalu menjaga shalat dan wudhu nya , wajah mereka akan terlihat bersih,bersinar dan berser seri , sangat sejuk dilihat . Ini bisa simbah buktikan sendiri.

Masih ingat dengan tulisan saya sebelum nya tentang kajian yaumul hasyr ?
Nanti setelah hari kiamat terjadi, ketika semua makhluk terutama manusia di bangkit kan lagi oleh Allah mereka akan di kumpulkan berdasarkan umat masing masing.

Pun demikian dengan umat muhamad, yang jadi pertanyaan...
Umat manusia setelah wafat nya nabi muhamad kan jumlah nya sangat banyak itu ?
Bagaimana cara beliau mengenali yang mana umat nya dan mana yang bukan ?

Jawaban nya simple mbah, salah satu cara yang paling utama beliau mengenali nya dengan melihat cahaya di wajah,tangan dan kaki nya .

Penyebab kenapa wajah,tangan dan kaki nya bisa bercahaya ini dikarenakan shalat dan wudhu nya

4. Shalat merupakan amalan utama setelah syahadat, hal ini bisa simbah baca dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Masud :

Penjelasan yang dijabarkan oleh ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, amalan apakah yang paling afdhol?” Jawab beliau, “Shalat pada waktunya.” Lalu aku bertanya lagi, “Terus apa?” “Berbakti pada orang tua“, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.  “Lalu apa lagi”, aku bertanya kembali. “Jihad di jalan Allah“, jawab beliau. (HR. Bukhari no. 7534 dan Muslim no. 85)

Kenapa ibadah shalat ini begitu penting jika dibandingkan dengan kewajiban zakat,puasa atau bahkan haji ?
Masih ingat dengan kisah kejadian isra mi'raj nya nabi saw ?

Perintah apa yang Allah berikan langsung kepada Nabi saat menghadap ke langit ke tujuh itu ?
''Ibadah shalat 5 waktu ''

Jika kewajiban berpuasa,zakat maupun haji itu diterima nabi melalui Al Quran, maka perintah menjalankan shalat 5 waktu diterima nabi dengan secara langsung menghadap Allah ke langit ke 7.
Itu lah mengapa shalat begitu penting.....

5. Shalat 5 waktu dapat menghapuskan dosa masa lalu, hal ini sejalan dengan sabda nabi :

“Tidaklah seorang muslim menghadiri shalat wajib lalu ia memperbagus wudhu dan mengerjakan shalatnya dengan khusyu’, juga ia memperbagus ruku’nya melainkan itu sebagai penghapus dosa sebelumnya selama seseorang tidak melakukan dosa besar dan ini berlaku sepanjang waktu.” (HR. Muslim no. 228).

Baca juga : cara shalat taubat , waktu mustajab,bacaan dan tata cara nya

Beberapa Keutamaan shalat sunnah :

1. Penyempurna ketidak sempurnaan shalat wajib . Rosul menyatakan ini dalam sebuah hadits  berikut :

Artinya :
Sesungguh nya amal manusia yang paling pertama di hisab di hari kiamat adalah shalat . Jika shalat nya baik maka beruntung lah dia. Jika shalat nya rusak maka rugi lah dia.
Jika dalam shalat wajib nya ada kekurangan , berfirman lah Allah ; periksalah apakah hamba ku memilik shalat sunnah ? maka kekurangan shalat wajib itu disempurkankan dari shalat sunnah nya. Kemudian amal nya yang lain juga begitu ( Hr turmudzi )

2. Membiasakan shalat sunnah bisa menjadikan nya seseorang yang akan menemani rosul di surga.
Dikisahkan bahwa rosul pernah berkata kepada rabiah bin malik al aslami :

Artinya :
Mintalah kepada ! , maka rabiah berkata : aku meminta kepada mu agar aku nanti menemani mu di surga .
Nabi berkata ; ada lagi yang lain ? , aku ( rabiah ) menjawab : hanya itu !
Nabi bersabda : maka sagalah aku atas dirimu dengan banyak bersujud ( Hr. Imam Muslim )

3. Salah sunnah merupakan amalan tubuh utama setelah jihad, sabda nabi :

“Istiqomahlah dan kalian tidaklah akan mampu (untuk istiqomah dalam semua ketaatan dengan sebenar-benar istiqomah), dan ketahuilah bahwa sebaik-baik amal kalian adalah shalat dan tidak menjaga wudhu kecuali seorang mukmin.” (HR. Ibnu Majah dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Irwa’ al-Ghalil)

4. Rumah yang menjadi tempat di kerjakan nya shalat sunnah tersebut akan memperoleh keberkahan bagi yang menempati nya, hadit nabi :

“Jika salah seorang di antara kalian telah menunaikan shalat di masjidnya, maka hendaklah ia memberi jatah shalat bagi rumahnya. Karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan dalam rumahnya melalui shalatnya.” (HR. Muslim)

Keutamaan Shalat berjamaah :

Shalat 5 waktu berjamaah memiliki keutamaan 27 derajad dari shalat sendirian. Sabda Nabi SAW :

Artinya :
Shalat berjamaan lebih utama dibandingkan shalat sendirian  sebanyak 27 derajad ( Muttafakun alaihi)

Secara umum berdasarkan kitab Riyadush shalihin , shalat berjamaah itu paling minimal memiliki 4 keutamaan, 4 keutamaan ini langsung diberikan oleh Allah SWT dari ketika dia berangkat ke masjid sampai ketika dia di masjid ( sebelum melakukan shalat)

Luar biasa bukan ?, belum lagi mengerjakan shalat nya saja sudah mendapat minimal 4 keutamaan, mengingat saking luar biasa nya faedah nya ini hingga membuat rosul menekankan terkhusus lelaki untuk mengerjakan shalat berjamaah.

dalil keutamaan shalat berjamaah

Artinya :
“Shalat seseorang dengan berjamaah itu dilipatgandakan pahalanya 25 kali atas shalat sendirian yang dia kerjakan di rumah dan di pasar. Hal itu apabila ia berwudhu dengan sempurna, lalu ia keluar menuju ke masjid dan tidak ada yang mendorongnya keluar (menuju ke masjid) selain shalat. Tidaklah setiap langkahnya kecuali akan mengangkatnya satu derajat dan menghapuskan darinya satu kesalahan. Apabila ia shalat, malaikat akan senantiasa mendoakannya selama ia berada di tempat shalatnya, ‘Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia.’ Salah seorang di antara kalian tetap dianggap berada dalam shalat selamaia menanti shalat.”

1. Mendapatkan lebih dari 20 derajad kebaikan
2. Ketika ia berjlan dari rumah menuju masjid, langkah kaki nya tersebut mampu :
   - Mengangkat derajad diri nya
   - Dapat menggugur kan dosa dosa nya ( belum sampai di masid dosa nya sudah berguguran )
3. Ketika diri nya sampai di masjid ( belum mengerjakan apa apa ) Allah telah memberinya pahala senilai          sholat.
4. Mendapatkan pujian dari malaikat , menurut nabi pujian ini bisa berefek pada :
  - Datang nya rahmat dari Allah
  - Mendapatkan ampunan dosa
  - Diterima nya ampunan dosa
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar