Skip to main content

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab dan Latin Beserta Keutamaannya

Melakukan doa baik itu sebelum atau sesudah wudhu sebenar nya bukan lah menjadi sarat wajib , Namun jika melihat keutamaan keutamaan yang terkandung di dalam nya maka akan sangat sayang jika tidak kita kerjakan .

doa sebelum wudhu

Seorang muslim yang hendak mengejarkan sholat baik itu wajib atau sunnah, Wajib hukum nya untuk bersuci membersihkan diri hadats dan najis.
Salah satu nya dengan ber wudhu....

Dalil tentang di syariatkan nya wudhu :

surat al maidah ayat 6,dalil wudhu

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka cucilah muka-muka kalian dan tangan-tangan kalian sampai ke siku, usaplah kepalamu dan cucilah kaki-kaki kalian sampai kedua mata kaki” [QS. Al Maidah: 6]

Untuk simbah yang sedang mencari informasi seputar tata cara wudhu lengkap beserta gambar nya, kalian bisa baca di artikel sebelum nya.
Sudah saya bahas lengkap disana.

Karena pada postingan ini penulis hanya akan membahas masalah doa sebelum dan sesudah wudhu beserta keutamaan nya saja.

Doa sebelum wudhu 

Sebelum melakukan wudhu wajib hukum nya membaca Basmallah, bahkan menurut beberapa referensi yang penulis baca menyatakan bahwa tidak akan sah wudhu seseorang tanpa membaca basmallah.

Setelah selesai membaca basmallah, lalu dilanjutkan dengan membaca doa berikut :

ALHAMDULILLAAHILLADZII JA’ALA HAADZAL MAA’A THOHUURON ROBBi INNII A’UDZUBIKA MIN HAMAZAATISY SYAYAATIINI WA A’UDZUBIKA ROBBI AN YAHDLURUUNI.

Bacaan doa sebelum wudhu :

Bacaan doa sebelum wudhu versi latin :
NAWAITUL WUDLUU’A LIROF’IL HADATSIL ASHGHORI FARDLOLLILLAAHI TA’ALA.

Doa sesudah wudhu

Setelah rangkaian tindakan wudhu dimulai dari basmallah membasuh tangan sampai membasuh kaki selesai, maka tindakan selanjut nya adalah menengadahkan tangan ke atas sambil membaca doa berikut :

doa sesudah wudhu

Bacaan doa sesudah wudhu versi latin :
“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Keutamaan membaca doa sebelum dan sesudah wudhu

Berdasarkan hadits nabi saw dalam shahih muslim :
Berkatalah sayyidina Umar Bin Khattab bahwa rosul saw bersabda : “Barang siapa yang berwudlu kemudian dia mengucap: Asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh (artinya: aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah), dibukakan untuknya pintu surga yang delapan, dan dia bisa masuk dari pintu mana saja yang dia sukai.”
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar