Skip to main content

10 Tanda Kiamat Besar (Kubro ) : Awal Dari Sebuah Bencana Maha Dahsyat

tanda tanda kiamat besar

Tanda kiamat besar - Ke 10 tanda kiamat kubro tersebut tertuang dalam sabda Nabi Saw ketika beliau berkunjung ke kediaman sahabat Hudzhaifah bin asid Al ghifari.
Pada waktu itu disana juga ada beberapa sahabat lainnya, lalu terjadi percakapan dan tanya jawab antara rosul dengan para sahabat sebagai berikut :

Apa yang sedang kalian bincang kan ? ' para sahabat menjawab : kami membicarakan mengenai hari kiamat.' 
Kemudian Nabi bersabda : Kiamat tidak akan terjadi sebelum kelihatan 10 macam tanda ini : 1). ada dukhon ,asap atau kabut 2). dajjal  3) dabbah 4) matahari terbit dari barat 5)turun nya isa al masih 6) ya'juj ma'juj 7) gerhana timur 8) gerhana di barat 9) gerhana di wilayah barat 10) api menyala di yaman dan menghalau umat manusia ke mahsyar." (HR Imam muslim , melalui Hudzhaifah bin asidil Ghifari ra)

Hadits diatas lah yang akan kita coba kupas pada postingan 10 tanda kiamat besar ,sebuah awal dari bencana maha dahsyat kali ini .

Note :
Jika pada artikel sebelum nya 10 tanda tanda kiamat dari perilaku manusia akhir zaman penulis memfokus kan pada perilaku dari manusia itu sendiri, Maka pada kesempatan kali ini penulis yang ganteng ini akan mencoba mengulas ke tanda tanda yang lebih besar lagi.

Apa saja tanda tanda yang muncul sebelum datang nya kiamat besar yang dahsyat itu, berikut ulasan nya :

1.Tanda kiamat kubro pertama : Ad dukhon



Ad dukhon adalah asap besar yang menyelimuti dunia . Ada banyak perbedaan pendapat mengenai bagaimana dan seperti apa pertanda ini muncul.
Sebagian beranggapan bahwa dukhon ini akan tiba tiba muncul , lalu menyelimuti seluruh dunia sehingga menyebabkan kebingungan massal seluruh umat manusia.

Sebagian lagi berpendapat jika sebenar nya Ad dukhon ini adalah sebuah bencana yang timbul akibat ulah manusia sendiri.

Apa yang kita sama sama saksikan kini ...
Baca juga :
Sebutkan rukun iman, benarkah rukun iman hanya ada 6 saja ?
Yaumul mahsyar ,penantian dan pembagian manusia di padang mahsyar

 Asap dari cerobong pabrik pabrik besar dimana mana, jutaan kendaraan saban hari mengeluarkan asap, Penggunaan zat CFC secara berlebihan dan continue dan masih banyak lagi.

Pertanyaan kita sekarang,...
Belahan bumi bagian mana yang tidak diselimuti asap saat ini ?

Lebih parah nya lagi, hutan yang seharusnya di fungsikan sebagai pengendali asap ( gas co2) ini malah ditebang, dialih fungsikan menjadi lahan lahan pertanian maupun gedung gedung.

Tumbuhan memerlukan gas CO2 ( dari nafas manusia,asap mesin dll)  untuk berfotosintesis, hasil dari fotosintesis ini tumbuhan akan mengeluarkan gas oksigen. Dimana oksigen ini sangat dibutuhkan oleh manusia dan binatang untuk bernafas . - Sungguh karunia luar biasa dari Allah SWT dalam bentuk simbiosis mutualisme.

Dalam case ini , penulis sendiri lebih cenderung ke pendapat nomor 2..
Kenapa ?
Yuk mbah kita coba sama sama analisa case ini dari sudut pandang sains dan ilmu pengetahuan.

- Asap pabrik,mobil dan mesin lainnya
Dilansir oleh situs detik.com tahun 2018 lalu :
Emisi gas buang ( asap pabrik,motor,mobil dll ) menghasilkan zat zat berbahaya sebagai berikut :

  • HC ( hidrocarbon ) : sebuah senyawa yang terdiri dari unsur atom karbon dan atom hidrogen. Zat ini merupakan salah satu penyebab muncul nya sel sel kanker pada paru paru
  • CO ( carbon monoksida ) : dihasilkan dari proses pembakaran tak sempurna dari senyawa karbon karena kekurangan oksigen. Ketika seseorang terlalu banyak menghirup zat ini dapat menyebabkan kematian secara tiba tiba.
  • CO2 ( carbon dioksida ) : dihasilkan dari proses pembakaran ,gas ini tidak berwarna maupun berbau, namun jika terhirup ia akan terasa asam di mulut dan menyengat di hidung. 

Sebuah study yang dilakukan tahun 2018 lalu mendapati fakta bahwa level polusi dari gas gas tersebut di atmosfer telah berada pada tingkat yang sangat mengerikan.

Apa dampak nya semua ini bagi bumi ?

Ketika gas CO2 dll tersebut naik ke permukaan bumi ( atmosfer ) dengan jumlah yang sangat banyak,ia akan menghalangi pemancaran kembali sinar matahari sehingga panas dipantul kan kembali ke bumi sehingga bumi menjadi sangat panas.

Inilah yang selama ini kita kenal sebagai efek rumah kaca / global warming. 

Bagaimana proses nya ?
Apa yang seharus nya terjadi adalah : ketika matahari memancarkan sinar nya ke bumi ,pada saat sampai di permukaan bumi sinar tersebut akan dpantulkan kembali keluar angkasa, sehingga panas bumi tetap terjaga pada titik aman.

Akan tetapi ketika gas gas yang dihasilkan dari polusi asap tersebut naik lalu menyelimuti bumi , maka ketika sinar matahari tadi akan dipantulkan kembali keluar angkasa malah memantul balik lagi ke permukaan bumi sehingga menyebabkan panas diluar titik aman di bumi. 

bumi bagaikan berada di rumah kaca sehingga panas tidak bisa memantul keluar, kondisi inilah yang menyebabkan  pemanasan global / global warming.

 Apa efek terburuk dari kondisi ini bagi bumi dan umat manusia ?
Terjadinya pemanasan global pada bumi menyebabkan mencairnya lapisan es di kutub utara maupun selatan.
Dengan mencairnya es dari kedua kutub ini menyebabkan naik nya volume air laut, hingga merambah daratan.

Semakin tinggi tingkat pemanasan global yang terjadi, semakin tinggi pula terjadi pencairan es di kedua kutub tersebut.

Lalu hasil nya ?
Mungkin bencana banjir bandang zaman nabi nuh .as bakal terulang lagi. Wallahu a'lam...

- Penggunaan gas CFC 
CFC atau Cluoro Fluoro Carbon adalh gas yang dihasilkan oleh pendingin ruangan, lemari es, dalam parfum bentruk spray, obat nyamuk spray dan lain sebagainya.

Apa efek buruk gas CFC ini bagi  bumi dan umat manusia  ?

Efek bagi bumi ...
Allah SWT telah menciptakan sebuah lapisan bernama atmosfer yang berfungsi untuk melindungi makhluk makhluk ciptaan nya di muka bumi.

Atmosphere memiliki 6 lapisan utama : trofosfer,stratosfer,Mesosfer,Termosfer,Ionosfer,Eksosfer . Dimana pada lapisan stratosfer terdapat sebuah lapisan lagi bernama lapisan ozon yang berfungsi untuk menahan panas dan pancaran sinar ultraviolet matahari secara langsung.

Ketika gas CFC tadi naik ke langit yaitu pada ketinggian sekitar 12 km dari permukaan, ia akan mengurai lalu menarik atom CO2 ( karbon dioksida ) untuk melapisi lapisan stratosfer.
Sehingga karuan saja , kondisi ini ikut memperparah terjadi nya efek rumah kaca hingga global warming.

Efek bagi manusia ....
Pada saat CFC terlepas ke atmosphere ( tepat nya pada lapisan stratosfer atau lapisan ozon ), akan terjadi proses kimia dimana gas CFC tersebut melubangi lapisan ozon .

Fungsi lapisan ozon adalah untuk menyaring sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari agar tidak langsung memapari permukaan bumi

Pada saat lapisan ozon ini berlubang, maka sinar ultraviolet akan langsung sampai ke permukaan bumi. Ketika ini terjadi maka akan sangat berbahaya bagi manusia, karena akan langsung bermandikan paparan sinar ultraviolet .

Hadiah nya : kanker kulit, katarak,menurun nya sistem imunitas dan masih banyak lagi penyakit mematikan lainnya.


2. Tanda kiamat besar ke 2,3 dan 4 : Terjadi nya gerhana di barat,timur dan wilayah arab



Terjadi nya gerhana entah itu gerhana bulan maupun matahari memang sudah sering terjadi, Namun yang dimaksut disini adalah gerhana yang bisa dilihat dari belahan bumi mana pun baik itu barat,timur dan wilayah arab secara bersamaan dan dalam waktu yang sama.

Jika ditilik dalam keadaan normal, gerhana seperti ini sangat mustahil terjadi,  karena bagaimana mungkin gerhana bisa dilihat diseluruh belahan dunia dalam waktu bersamaan.

Namun jika kita kaji lagi secara mendalam dengan menggunakan ilmu astronomi, fenomena itu bisa terjadi dengan sarat sarat kondisi sebagai berikut :

- Ketika rotasi matahari,planet planet ,bulan sudah tidak berputar lagi pada poros nya ( rotasi abnormal )
- masing masing planet telah kehilangan gaya tarik nya.

Coba simbah bayang kan kondisi ini .....
Kenapa bulan bisa mengitari bumi ?
Tentu jawaban nya mudah, karena bulan tertarik oleh gravitasi bumi .

Lalu, jika bulan ditarik oleh gravitasi bumi, kenapa bulan tidak jatuh ke bumi ?
Hayo apa jawaban nya mbah .......
hehehe., bingung ya ,....

Simple kok jawaban nya, itung itung mengingat kembali pelajaran SMA dulu..
Kalau simbah tau jawaban nya, mungkin simbah bakal ada bayangan bagaimana fenomena gerhana di semua belahan bumi bisa terjadi.

Doh... ini niat bikin artikel ga nehh... ? bukan nya kasi penjelasan ehh malah kasi pertanyaan !...

hehehe, ga papa mbah.. sekali kali
Lagian juga yang nama nya spoon feeding tu ga bagus buat kesehatan.
masa kek bayi aja disuapin mulu hehee......

3. Tanda kiamat besar ke 5 : Lahir nya Imam Mahdi



Secara Lhugoh ( bahasa ) mahdi artinya zaman. Imam mahdi ialah seorang tokoh Islam yang akan mensiarkan islam keseluruh penjuru dunia nantinya.

Imam mahdi lah yang pertama melawan gelombang pengaruh dajjal ( sedangkan yang membunuh dajjal adalah nabi isa ).

Para ulama berbeda pendapat mengenai ini, ada sebagian yang beranggapan bahwa sang imam tersebut nanti memang benar benar bernama mahdi.

Pendapat lain nya, menafsirkan mahdi hanya sebagai simbol ( zaman ) bukan sebuah nama orang.
Namun yang jelas, kabar tentang kedatangan sang Imam menjelang akhir zaman ini sudah diberitakan oleh rosul 1400 tahun lalu, dalam hadits nya sebagai berikut :

Tidak akan binasa suatu kaum manakal aku ( muhammad) pemimpin pertama ,imam mahdi pemimpin kedua dan isa bin maryam penghabisan ( HR. Imam Tabrani )

Beberapa riwayat menyatakan bahwa beliau adalah seorang keturunan Rosul . Imam qurtubhi mengatakan : lahir nya imam mahdi akhir zaman tepat nya di afrika.
Sedang kan Ibnu hajar : Imam mahdi lahir dengan ditandai dengan 2x gerhana.

Imam mahdi adalah seorang raja /khalifah yang adil dimana dia bakal mempersatukan dunia barat dan timur di bawah panji panji islam.

4. Tanda kiamat besar  ke 6 : Muncul nya dajjal



Seperti yang telah di sebutkan dalam syarah barkawiy lil qanawi :
'' maksut dari dajjal adalah bahaya besar yag belum pernah terjadi semenjak nabi adam sampai hari kiamat, dajjal mampu melakukan hal hal diluar nalar secara berlebih lebihan dengan jumlah yang tak terhitung lagi banyak nya. Dia menyatakan diri nya sebagai tuhan ,mata yang satu nya picek dan diantara kedua mata nya ada tulisan kafir.''

Sewaktu sedang berada bersama Umar Bin Khattab ra nabi juga pernah bersabda :

Belum terjadi kiamat sebelum dibangkit kan para dajjal ,pembohong besar yang jumlah nya hampir 30 orang . semua mengatakan bahwasanya mereka adalah utusan Allah ( HR. Imam Muslim melalui Abu Hurairah ra)


Dari hadits diatas dapat kita pahami bahwa kemungkinan dajjal jumlah nya tidak cuma satu, melain kan 30 orang , dimana mereka akan keluar masing masing satu pada tiap tiap zaman.

Supaya artikel ini tidak terlalu panjang dan bertele tele, penulis akan mengulas perihal dajjal ini pada pembahasan tersendiri pada artikel berikut nya.

5. Tanda kiamat besar ke 7 : Turun nya Isa bin Maryam



Dikisahkan,pada saat sedang terjadi pergolakan dan peperangan dahsyat antara kaum muslimin yang di pimpin oleh Imam Mahdi melawan kaum kafir pimpinan Dajjal laknatullah. Maka turunlah Nabi Isa ke tengah tengah kaum muslimin.

Pada waktu itu kaum muslimin sedang akan menunaikan shalat , lalu Imam mahdi meminta nabi isa untuk mengimani nya.

Mayoritas kaum muslimin merasa bingung saat melihat pemimpin mereka meminta seseorang yang baru datang,tidak tahu asal usul nya untuk menjadi imam shalat mereka.

Maka berkata lah imam mahdi bahwa dia adalah Isa Almasih.
Rosul Saw pernah bersabda :

''Sekelompok dari umatku akan tetap berperang dalam kebenaran secara terang-terangan sampai hari kiamat sehingga turunlah Isa bin Maryam. Maka, berkatalah pemimpin mereka (Al-Mahdi), 'Kemarilah dan imamilah shalat kami.' Ia menjawab, 'Tidak. Sesungguhnya, sebagian kamu adalah sebagai pemimpin terhadap sebagian yang lain, sebagai suatu kemuliaan yang diberikan Allah kepada umat ini (umat Islam).''' (HR Muslim dan Ahmad).

Tujuan dari datang  atau turun nya Nabi Isa as adalah untuk kembali memurnikan ajaran tauhid ( islam ) , membersihkan aliran aliran sesat,penyelewengan aqidah, menghancurkan salib salib yang selama ini menjadi simbol pengkultusan bagi diri nya dan yang terakhir memberangus fitnah dajjal lalu membunuh nya.

Untuk pembahasan lebih rinci tentang nabi isa akan kita tulis khusus pada postingan berikut nya.


6. Tanda kiamat kubro ke 8 : Muncul nya ya'juj ma'juj



Jenis makhluk apa kah ya'juj ma'juj ini mbah ?
Sejenis manusiakah ,pemamah biak kah , hewan melata kah atau malah masuk dalam kategory kacang kacangan ?

Penulis juga ga tau mbah, kita dengerin pendapat ulama saja ya :

Mayoritas ulama berpendapat bahwa ya'juj ma'juj seperti hal nya manusia biasa, mereka beranak pinak dan berkembang memiliki banyak keturunan.

Lalu dimana bangsa ya'juj ma'juj saat ini ?
Menurut tafsir jalalain juz II ,hlm : 329 ( imam jalaluddin as suyuthi ) :

Setelah banjir bandang  di jaman nabi nuh as, hampir semua manusia musnah, kecuali mereka mereka yang dibawa naik ke kapal oleh nabi nuh ( termasuk ketiga anak nabi nuh ).
Dan salah satu anak nabi nuh ini lah yang menurun kan bangsa ya'juj ma'juj.

Kisah bermula dari sini...

Setelah berabad abad semenjak kejadian bencana air bah, anak keturunan ya'juj ma'juj ini berkembang biak menjadi sangat banyak hingga akhir nya menjadi sebuah suku besar ( bangsa ) . Hingga pada akhir nya mereka membuat kerusakan dan kemungkaran yang membuat Allah murka.

Lalu Allah memerintahkan Dzul qarnain untuk membuat tembok besar lalu mengurung mereka hingga saat ini.

Beberapa tahun setelah turun nya kembali nabi isa as ( di akhir zaman ) , maka runtuh lah tembok yang selama ini mengurung bangsa ya'juj ma'juj, mereka berhamburan keluar bercambur baur dengan umat manusia lainnya.

Maka pada titik ini, Nabi Isa as dan umat muslim diselamatkan oleh Allah dengan mengirimkan penyakit khusus yang membunuh seluruh bangsa ya'juj ma'juj.

Baca kajian lengkap tentang ya'juj ma'juj pada artikel ini : Tembok yajuj majuj : fakta peradaban bangsa terkutuk

7. Tanda kiamat besar ke 9 : muncul nya dabbah dan terbit nya matahari di barat



Maka tatkala Nabi Isa as datang lalu mendakwahi orang orang kafir tersebut untuk beriman kepada Allah, sebagian besar dari mereka mengimani nya.
Namun...

Iman mereka hanyalah sebatas di ujung lidah saja, sedangkan perilaku mereka masih tetap selayak nya orang kafir.

Lalu saat itu lah Allah Swt menurun kan Dabbah ke muka bumi, untuk mengingatkan da menggertak orang orang kafir munafik tersebut.

Tidak lama berselang, Allah meniupkan angin baik hingga mewafat kan semua orang yang memiliki iman di dada nya.

Ketika orang orang yang beriman semua nya telah di wafatkan oleh Allah, yang tersisa di muka bumi adalah sekumpulan orang orang kafir munafik dimana mereka saat itu telah kembali menyembah berhala.

Pada saat ini lah , tiba tiba terbit nya matahari berubah dari timur ke barat hingga sampai masa nya kiamat datang.
Terbit nya matahari dari barat merupakan pertanda telah di tutup nya pintu tobat oleh Allah swt.

Bisakah matahari muncul dari barat , bagaimana logika sains tentang hal ini ?
Apa yang kita saksikan saat ini matahari muncul dari timur, hal ini terjadi karena bumi berotasi kearah jarum jam. sehingga wajar jika posisi muncul nya matahari berada di timur.

Sebuah study yang dilakukan oleh sekelompok sarjana USA menemukan bahwa semakin hari rotasi bumi maupun matahari semakin melemah dan menurun saban hari.

Apa yang terjadi jika bumi maupun matahari kehilangan daya rotasi nya ?
Lambat laun , arah rotasi nya akan berubah melawan arah jarum jam.  Dan efek nya, muncul nya matahari berubah dari timur ke barat.


8. Tanda kiamat besar ke 10 : Keluar api dari yaman


sumber gambar : ardiyansyah,com

Sabda Nabi SAW :
'tidak akan terjadi kiamat sebelum api menyala dari bumi hijaz sampai menyinari leher unta unta di busra ( HR. Imam Muslim melalui Abu Hurairah ra )'

Hadits ini menurut pandangan sebagian ulama :

Peristiwa mucul nya api dari yaman ini terjadi tidak lama sebelum terjadi nya kiamat ( penutup dari tanda tanda kiamat ) .

Yang dimaksut dengan api yang keluar adalah ketika detik detik menjelang tiba nya hari kiamat banyak sekali gunung gunung yang meletus secara bersamaan di seluruh dunia. Sehingga bumi penuh dengan api api dari lava gunung yang berhamburan keluar dari perut bumi.

Gas gas beracun beserta lava magma ini merupakan inti dari kekuatan bumi. Maka ketika semua magma dan gas gas tersebut dikeluarkan dari perut bumi pada titik ini bumi sudah tak memiliki daya sama sekali.

Apa yang terjadi ketika bumi telah kehilangan daya nya ?
Tentu saja yang pertama , bumi akan kehilangan gaya gravitasi nya. Jika gravitasi bumi hilang hal hal di bawah ini bisa menjadi contoh tentang apa yang akan terjadi :


  1. Menurut The United States Geological Survey Water Science School lebih dari 71% bumi berupa air dimana 97% nya berupa lautan samudra. Nah simbah jika memang demikian kenapa air laut tidak naik membanjiri daratan ? . Tentu jawaban nya karena ada nya gravitasi bumi , jika gravitasi hilang maka sudah bisa dipastikan air dari seluruh samudera akan naik membanjiri dan menenggelam kan daratan.
  2. Manusia ,rumah ,pepohonan,binatang dll akan berterbangan karena tidak ada lagi gravitasi yang menarik nya agar tetap bisa berpijak di bumi.


Maka dari sini lah bencana maha dahsyat bernama kiamat itu muncul.....




Sumber referensi :
- https://www.usgs.gov/special-topic/water-science-school

- Buku : hari kiamat sudah dekat . karangan Yusuf bin abdillah bin yusuf al wabil

- At-Tadzkirah fii Ahwaalil Mautaa’ wa Umuuril Aakhirah (hal. 628), karya Syamsuddin Abi ‘Abdillah Muhammad Ahmad al-Qurthubi, disebarluaskan oleh al-Maktabah as-Salafiyyah, al-Madinah al-Munawwarah.

- kitab Taariikhul Umam wal Muluuk, karya Abu Ja’far ath-Thabari (I/ 5-10) cet. Darul Fikr, Beirut.

- Buku Retak Simpang Siurnya Tanda-Tanda Kiamat (Tanya Jawab Lengkap Menurut al-Qur'an dan Hadits)  , karangan zen abdurrahman

Loading...
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar