Skip to main content

Shalat Witir : Pengertian,Tata Cara,Niat dan Doa nya Lengkap

Shalat witir adalah sholat malam yang rakaat nya ganjil, dimana paling sedikit dikerjakan dengan 1 rakaat dan paling banyak dikerjakan dengan jumlah 11 rakaat.

shalat witir dan doa

Hukum mengerjakan sholat witir itu adalah sunnah muakad , yang waktu mengerjakan nya setelah sholat isya hingga fajar dan biasa nya dirangkaikan dengan sholat sunnah tarawih ( saat ramadan ).

Shalat witir ini sangat diutamakan, karena memiliki keutamaan yang luar biasa. Walaupun hukum nya sunnah muakkad , dimana kalaupun tidak kita kerjakan tidak berdosa sama sekali namun, jika kita mengetahui faedah faedah keutamaan dari sholat witir ini tentu akan sangat sayang sekali jika tidak dikerjakan.

Sebagai mana hadits Rosullullah SAW menyebut kan :

keutamaan shalat witir


Cara mengerjakan shalat witir

Shalat witir yang dikerjakan dengan 1 rakaat atau lebih boleh dikerjakan dengan dua rakaat satu salam dan yang terakhir satu rakaat satu salam.

Misal nya seperti ini, simbah mengerjakan shalat sunah witir dengan jumlah 7 rakaat , maka cara nya adalah setiap dua rakaat satu salam sampai 3x lalu ditambah dengan satu rakaat dengan satu salam.

Namun, apabila mengerjakan shalat witir 3 rakaat maka boleh juga dikerjakan dengan satu salam tanpa tasyahud awal.

Jika simbah mengerjakan shalat witir ini setelah tanggal 15 di bulan ramadhan , maka hendak nya simbah membaca doa qunut pada rakaat terakhir setelah i'tidal.

Niat bacaan shalat witir

Berikut akan coba admin simbahgugel sharing niat bacaan shalat sunnah witir menjadi ma'mum/sendiri dan dengan rakaat 1 dan 2 :

bacaan niat shalat witir


Untuk niat shalat 1 rakaat ( sendiri ) nya sebagai berikut :

ushalli sunnatal witri rak'aatin lillahi taala

Doa shalat witir

Setelah semua rangkaian shalat selesai dikerjakan, dianjurkan untuk melakukan doa sejenak. dan bacaan doa shalat sunnah witir nya sebagai berikut :

doa shalat witir


Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

 Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Akhiru kalam, dengan semakin banyak nya kemunculan tanda tanda semakin dekat nya kiamat, maka perbanyaklah amalan amalan sunnah mbah, salah satu nya ya sholat witir
 hehehe..

WASSALAMUALAIKUM WR WB......
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar