Skip to main content

Shalat Safar, Tata Cara dan Niat Bacaan Nya

Shalat safar adalah shalat 2 rakaat yang dilakukan ketika akan bepergian jauh ataupun pulang dari bepergian.

shalat safar

Hal ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad Saw :

“Apabila engkau hendak keluar dari rumahmu, bershalatlah dua rakaat, niscaya dua rakaat itu memeliharamu dari tempat keluarnya kejelekan, dan apabila engkau masuk ke dalam rumahmu, bershalatlah dua rakaat, niscaya dua rakaat itu memeliharamu dari masuknya kejelekan.”
baca juga : Shalat witir : tata cara ,niat dan doa witir

Buat kalian, sobat simbahgugel di luar sana yang mungkin saja hobi travelling ke tempat tempat yang jauh. Entah itu hanya sebatas refresing ataupun buat keperluan tertentu, maka tidak ada salah nya mengerjakan shalat safar 2 rakaat.

Tujuan nya ?
Tentu saja selain mendapatkan pahala kita juga dapat meminta keselamatan saat dalam perjalanan.
Enak bukan , happy saat jalan jalan kita nya dapat, pahala nya juga dapat.

Bagaimana tata cara shalat sunnah fajar ?

Secara garis besar, untuk mengerjakan shalat sunnah ini, tata cara nya sama dengan shalat fardhu atau shalat sunnah lainnya  baik itu gerakan ataupun bacaan nya.

Perbedaan nya hanya terletak pada segi bacaan dan niat nya saja. Untuk lebih jelas nya , berikut sedikit ulasan dari shalat safar :

Sebelum berangkat travelling ( halan halan ), ambil lah air wudhu lalu kerjakan shalat sunnah fajar 2 rakaat .
Niat nya :

niat shalat safar

Sedang kan untuk niat shalat safar jika pulang dari bepergian :

Ushalli rak'ataini lir rujuu'i minas safari sunnatan lillahi ta'alaa
Artinnya : Aku berniat shalat 2 rakaat ,karena telah kembali dari bepergian jauh karena allah Ta ala

Rakaat pertama, setelah membaca surat al fathihah , dianjurkan untuk membaca surat al kafirun . Lalu pada rakaat kedua surat al ihklas.

Atau pada rakaat pertama membaca surat al falaq , dan pada rakaat kedua membaca surat annas . Setelah selesai shalat perbanyak lah membaca ayat qursy dan surat quraisy.

Setelah selesai wirid ( membaca ayat qursy dan surat quraisy ),  tutup lah shalat safar simbah dengan membaca doa seperti dibawah berikut :

doa shalat safar

Arti nya :

“Ya Allah Tuhan kami, hanya kepada-Mu aku bertawakal, mudahkanlah kesukaran-kesukaran urusanku. Mudahkanlah padaku kesukaran perjalananku, berilah aku rezeki berupa kebajikan lebih banyak dari apa yang aku cari. Palingkanlah daripadaku semua kejelekan. Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan-Mu, aku serahkan diri, agama, keluarga, kerabat dan semua nikmat yang dinugerahkan kepadaku dan kepada mereka, baik mengenai akhirat maupun dunia. Peliharalah kami dari semua bentuk kejelekan, wahai Dzat yang Maha Mulia.

Maha Suci Engkau ya Allah, penghormatan mereka (ahli surga) di dalam surga adalah salam bahagia dan sejahtera, dan akhir doa mereka ialah Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiina (segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam), dan mudah-mudahan rahmat ta’dzim dan salam Allah dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, keluarga dan para sahabatnya.
Loading...
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar