Skip to main content

Cara Solat Taubat : Waktu Yang Mustajab,Bacaan Niat dan Doanya

Tidak ada manusia yang luput dari nama nya dosa, oleh karena itu mengetahui dan memahami tata cara solat taubat yang benar baik itu ,waktu yang tepat untuk bertaubat ,bacaan dan doa nya adalah sebuah keharusan.

Jangan lah menunda nunda untuk bertaubat , karena umur tidak ada yang tahu sampai kapan. Selain itu, Kiamat sudah semakin dekat lho mbah..
Ga percaya ?
baca aja nih 10 tanda tanda kiamat yang sudah tampak saat ini

cara solat taubat

Lalu apa itu solat sunnah taubat ?
Solat taubat adalah shalat yang dilakukan oleh seseorang setelah melakukan dosa untuk mendapatkan ampunan dari Allah, atau agar taubat nya diterima oleh Allah SWT.

Bertaubat dari suatu dosa artinya menyesal atas perbuatan yang telah dilakukan, dan berniat tidak akan melakukan nya lagi disertai permohonan ampunan dari Allah.

baca juga :
shalat safar ,tata cara ,niat dan bacaan nya
Panduan lengkap shalat witir

Adakah dalil yang bisa menjadi dasar dianjurkan nya shalat taubat ini ?
Sebenar nya banyak sekali dalil dalil dari hadits nabi yang menganjurkan ini, namun supaya ringkas saya hanya akan melampirkan 1 hadits sebagai berikut :

hadits tentang solat taubat

Artinya :

Dari ‘Ali Radhiyallahu anhu , dia berkata, “Aku adalah seorang lelaki, jika aku telah mendengar sebuah hadits dari Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Allâh Azza wa Jalla memberiku manfaat yang Dia kehendaki dengan perantara hadîts itu. Jika ada salah seorang sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyampaikan sebuah hadits kepadaku, maka aku akan memintanya bersumpah (bahwa dia benar-benar telah mendengar dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam -red). Jika dia telah bersumpah kepadaku, maka aku mempercayainya. Dan sesungguhnya Abu Bakar telah memberitakan sebuah hadits kepadaku, dan Abu Bakar telah berkata jujur, dia berkata, “Aku telah mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada seseorang pun yang melakukan dosa, lalu dia berdiri kemudian bersuci lalu menunaikan shalat, setelah itu memohon ampun kepada Allâh, kecuali Allâh pasti akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini (yang maknanya-red), “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allâh, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allâh ? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” [Ali Imrân/3: 135]

Bagaimana cara melakukan solat taubat ?
Cara melakukan solat taubat sama saja dengan shalat fardhu,letak perbedaan nya hanyalah pada waktu dan niat.

Namun sebelum itu, ada sarat sarat khusus yang perlu dipahami disini sebelum mengerjakan shalat taubat :
  1. Telah benar benar menyesal terhadap dosa dan perbuatan nya di masa lalu
  2. Tinggalkan terlebih dahulu perbuatan yang menyebabkan terjadi dosa dosa 
  3. Berjanji untuk tidak akan pernah mengulangi nya lagi.

Untuk kasus kasus dosa seperti mencuri,memaki atau ke hal hal yang merugikan orang lain, maka hendaklah ditambah satu lagi sarat nya.

''Mungkin bisa mengembalikan barang jika mencuri atau meminta maaf jika menyakiti dll.''

Setelah hal hal diatas dilakukan sobat simbahgugel sudah bisa menunaikan sholat taubat ini.

Bagaimana dengan waktu yang tepat untuk sholat taubat ?
Bisa dikerjakan kapan saja selama itu tidak dalam waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat.
Namun lebih disarankan untuk mengerjakan nya pada tengah malam '' agar lebih afdhol.

Sedangkan waktu yang diharamkan adalah :
  1. saat terbit matahari hingga matahari terbit sepenggal
  2. mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari
  3. matahari tepat di tengah tengah hingga terlihat condong
  4. mulai dari shalat ashar hingga matahari terbenam
  5. menjelang matahari terbenam hingga benar benar tenggelam

Bagaimana dengan bacaan niat,surat surat yang harus dibaca dan doa sholat taubat ?
Secara garis besar shalat terbagi menjadi dua, yaitu slahat fardhu dan shalat sunnah . Untuk shalat taubat ini masuk ke dalam category solat sunnah.

Bacaan niat : 



Bacaan surat surat :

- Pada rakaat pertama setelah membaca surat al fatihah ,dianjurkan untuk membaca surat al ikhlas :



Atau supaya lebih afdhol, setelah al fatihah baca lah surat annisa ayat 64  :



Setelah itu dilanjutkan dengan membaca istigfar sebanyak 3x :

Astagfirullahal adzhimm 3x

Kemudian baca :

Lailahaila anta subkhanaka wa bi khamdika aamiltu suu'an wa zholamtu nafsiii faghfirlii innaka anta khoirul ghofirin

Lalu baca ini :

robbana zholamna angfusana wa illam taghfirlana watarkhamna lannakunnana minal khosirin

Setelah itu yang terakhir  baca surat al kafirun :



- Pada rakaat kedua sesudah al fatihah dibaca seperti bacaan pada rakaat pertama, perbedaan nya hanyalah pada bacaan ayat yang terakhir. Yaitu surat al kafirun diganti dengan surat al ihlas.

- Setelah selesai rangkaian shalat nya, silahkan baca doa shalat taubat berikut ini :

doa shalat taubat


Alloohumma innii astaghfiruka min kulli dzambin tubtu ilaika minhu tsumma 'udtu fiih, wa astaghfiruka minkulli maa wa'adtuka bihii minnafsii tsumma lam uufi laka bih, wa astaghfiruka minkulli 'amalin arodtu bihii wajhakal kariimi fakhoolathohuu ghoiruk, wa astaghfiruka min kulli ni'matin an'amta bihaa 'alayya fasta'antu bihaa 'alaa ma'shiyatik, wa astaghfiruka yaa 'aalimal ghoibi wasysyahaadati minkulli dzambin ataituhuu fii dhiyaain nahaari wasawaadillaili fii mala-in wakhola-in wasirrin wa'alaa niyatin yaa haliim.

Artinya :

 Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu dari semua dosa yang telah aku pintakan tobatnya kepada-Mu tapi aku mengulangi kembali melakukannya; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua janji yang telah kuikrarkan kepada-Mu tetapi tidak kutepati; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua amal yang semula kuperuntukkan bagi-Mu Yang Mulia tetapi lalu dicampuri oleh selain-Mu; dan aku memohon ampun kepada-Mu dari semua nikmat yang telah Engkau curahkan kepadaku lalu aku pergunakan untuk berdurhaka kepada-Mu; dan aku memohon ampun kepada-Mu ya Allah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib dan yang nyata dari semua dosa yang telah kuperbuat disiang hari ataupun di kegelapan malam, ditempat ramai atau di tempat sunyi, secara tersembunyi atau terang-terangan, wahai Dzat Yang Maha Penyantun.
Loading...
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar