Skip to main content

10 Tanda Tanda Kiamat Yang Saat Ini Terlihat Dari Perilaku Manusia Akhir Zaman

Kapan kiamat bakal terjadi memang tidak ada manusia yang tau, namun  di dalam Al-Qur'an maupun as sunnah telah banyak mengabarkan tentang tanda tanda yang muncul sebelum kiamat itu terjadi.
Yang saat ini patut kita sama sama pertanyakan ,....
 Sudah kah tanda tanda itu muncul saat ini ?

tanda tanda kiamat

Lalu jika sudah, seperti apa tanda tanda itu ?
Dalam postingan 10 Tanda Tanda Kiamat Yang Saat Ini Terlihat Dari Perilaku Manusia Akhir Zaman ini akan coba kita kupas secara tuntas pada study case kita kali ini.

Seperti apa yang sudah penulis jabarin pada postingan sebelumnya tentang rukun iman ini, mengimani akan datang nya hari kiamat merupakan salah satu dari 6 rukun iman. Dimana wajib hukum nya bagi kaum muslimin mengimani nya.
Baca juga : 10 Tanda Kiamat Besar (Kubro ) : Awal Dari Sebuah Bencana Maha Dahsyat

Kapan itu bakal terjadi ?
Wallaahu aa'lam , hanya Allah lah yang tau .
Bahkan sekelas Rosul pun tak satupun yang mengetahuinya...
Yang kita atau bahkan para Rosul sekalipun ketahui hanyalah tanda tanda peringatan sebelum terjadi nya kiamat.

Allah SWT berfirman dalam surat muhammad ayat 18 :


Fa hal yanẓurụna illas-sā'ata an ta`tiyahum bagtah, fa qad jā`a asyrāṭuhā, fa annā lahum iżā jā`at-hum żikrāhum

artinya :
Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang?

10 tanda tanda kiamat yang sudah terlihat pada perilaku manusia saat ini 

1. Serba di ukur dengan uang


tanda tanda akhir zaman

Tidak hanya dunia yang diukur dengan uang , bahkan urusan agama pun di hormati kalau ada uang. Banyak orang dihormati karena mereka kayaraya ( bukan karena ketinggian ilmu nya ) dan bahkan banyak pula tokoh tokoh agama tanpa uang disingkirkan fatwa fatwa nya .

Sebagaimana sabda nabi :
''manakala zaman akhir telah tiba , maka ukuran agama dan manusia adalah dirham dan dinar ( hr .imam tabrani )''

2.Keinginan terhadap dunia lebih besar 



Apa yang kita saksikan saat ini semua orang mengejar uang, dan itu lebih besar dari pada mengejar agama. Mereka pada Allah semakin jauh seperti tidak pernah terdengar .

Di dalam pendidikan pun demikian, dalam bersekolah yang dipikirkan adalah bagaimana nanti setelah sekolah dapat memperoleh pekerjaan yang dapat meraup banyak uang, bukan lagi bagaimana cara dengan bersekolah ini dapat meningkatkan keilmuan hingga menjadi manusia yang kompetitif ,cerdas dan sholeh.

Prinsip mayoritas manusia saat ini dunia sebagai tujuan utama, sehingga sampai mati yang dikejar hanya dunia, sementara akherat terlupakan.

Menciptakan ragam budaya kapitalis sekalipun pandangan hidup nya tidak kapitalis, tetapi semua arah kebijakan mengarah pada kapitalis hingga karuan saja fenomena kesenjangan social terjadi dimana mana.

Apa yang kita saksikan di layar televisi, media media berita online maupun ofline ; manusia saling sengketa satu sama lain, saudara tega membunuh saudara nya sendiri, tukang bakso saling menjelek jelekan dagangan saingan, suami tega memutilasi istri, anak tega membunuh ayah atau ibu nya .

Coba kita renungkan sejenak, faktor apa yang menjadi penyebab fenomena di atas ?
Semua mengarah ke satu kasus utama ...
Mengejar dunia !

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW berikut :

Kiamat sudah dekat, dan keinginan manusia terhadap duniawi semakin menjadi jadi , sedangkan terhadap Allah semakin jauh ( HR. Imam Hakim melalui Ibnu Masud ra)


3. Uang halal semakin sulit di dapat, saudara tidak bisa dipercaya



Terjadi kejahatan,perampokan hanya demi uang meraja lela dimana mana . Sebab saat ini uang halal semakin sulit untuk di dapatkan.

Di dorong oleh rasa ingin memiliki dan menggapai kesuksesan besar di dunia , mereka saat ini saling bahu membahu dengan tidak lagi terlalu memperdulikan cara nya halal atau haram.

Coba simbah perhatikan sekarang ini, teknik teknik seperti diatas sudah merambah kesegala aspek bahkan sampai ke usaha yang halal sekalipun ikut kena imbas nya.

Disisi lain, pernah ga sobat simbahgugel menemukan ini disekitar sobat :
''Saudara ya sodara, bisnis ya bisnis, uang ya uang . Dalam hubungan darah memang sodara tapi kalau sudah mengarah ke duit ya urusan nya lain ''

Karena uang sodara bisa menjadi orang lain, karena uang juga orang lain bisa menjadi sodara. Saling menipu sesama sodara demi keuntungan sudah semakin marak terjadi saat ini.

Bahkan ni mbah seminggu sebelum artikel ini saya tulis , penulis sempat nonton berita yang isi info nya tentang kejadian pembunuhan antara adik dan kakak kandungan. Dimana disinyalir penyebab terjadi nya pembunuhan itu hanyalah karena masalah batas tanah warisan.

Hadits nabi Saw :
Yang paling sulit ditemui di akhir zaman ialah uang yang halal atau saudara yang bisa di percaya ( HR.ibnu asakir melalui Ibnu Umar ra)

4. Tidak lagi perduli uang itu halal atau haram



Masih ingat dengan teori prinsip makiavelis ? Dicetuskan oleh nicollo machiavelli, seorang filsuf sekaligus politikus asal italia yang lahir tahun 1469 lalu .
Silahkan baca biography lengkap nicollo machiavelli di wikipedia ini

Dalam prinsip makiavellis ini semua orang bebas melakukan apa saja ( menghalalkan banyak cara ) selama dia mampu mencapai tujuan nya maka itu sah sah saja.

Prinsip ini lah yang pada akhir nya mempengaruhi di masa rennaisance eropa hingga saat ini. Hingga menyebar sampai ke indonesia. Sobat simbah bisa lihat sendiri seperti apa fenomena yang terjadi disekitar kita sekarang ini.

Hal ini sejalan dengan sabda nabi berikut :
Kelak sungguh akan datang menimpa manusia suatu zaman, dimana pada zaman tersebut seseorang tidak memperdulikan lagi harta yang diperoleh ; dari hasil yang halal kah atau haram .

5. Rela menjual agama



Agama hanya lah sebuah nama yang dibisnis kan, agama dibuat sebagai lahan tipu daya, sebab iman pemeluk nya hanay sebatas menempel dilidah .
Pagi hari mereka beriman, siang bertransformasi menjadi seorang yang munafik,lalu malam menjadi kafir.

Jika diibarat kan sebagai binatang ia adalah seekor bunglon yang mampu berubah warna ( berkamuflase ) , dimana dia hinggap dia akan merubah warna nya selama itu aman dan menguntungkan untuk diri nya.

Islam ktp ! , pernah denger istilah ini kan mbah ?

Belum lagi banyak nya fenomena yang terjadi saat ini dimana orang yang mengaku ulama ,kiai,ustads memanfaatkan titel nya untuk berpolitik, mengumplkan pundi pundi uang dan tindakan tindakan lain guna memperoleh keuntungan pribadi nya.

Rosullullah sendiri 1400 tahun yang lalu pernah mengabarkan kepada umat nya melalui hadits berikut :

''Kelak sesudah ku, benar benar uamt ku diselimuti oleh fitnah fitnah yang seakan akan seperti gelap nya malam. Di zaman itu, pagi hari seseorang dalam keadaan mukmin ,sore hari nya menjadi kafir : dan banyak nya kaum yang menjual agama dengan harta duniawi dengan harga sedikit ( HR. Imam Hakim melalui Ibnu Umar ra )

6. Orang tua diperintah anak dan budaya salam sudah tidak berlaku lagi



Jika simbah pernah tinggal di jawa , mungkin pernah dengar ugnkapan ini : '' kebo nusu gudel '' , kira kira arti dalam bahasa indonesia nya '' seekor kerbau menyusu kepada anak nya ''

Ungkapan itu merupakan sebuah pengibaratan bahwasanya saat ini telah terjadi perubahan perubahan nilai yang luar biasa , bukankah secara logika dan fakta seharusnya anak lah yang menyusu pada ibu nya bukan malah sebalik nya.

Karena merasa berpenghasilan,pendidikan lebih tinggi ketimbang orang tua banyak anak yang merasa lebih baik ketimbang orang tua nya, sehingga ia berani memerintah ,membentak bahkan memaki orang tua nya sendiri.

Kedua, Kita lihat apa yang ada saat ini budaya saling mengucap salam antar sesama muslim sudah sangat jarang kita temui bahkan dianggap kuno ( ketinggalan jaman ) . Kalopun ada itu juga hanya sebatas antar sesama mereka yang sudah saling kenal.

Hal ini sejalan dengan hadits nabi berikut :

Diantara tanda tanda kiamat ialah manakala seorang lelaki masuk ke masjid , kemudian di dalam nya ia tidak mengerjakan shalat dua rakaat ( shalat sunnah 2 tahiyatul masjid ,atau pun shalat rawatib) . Bilamana seorang lelaki tidak mengucapkan salam kecuali hanya kepada orang orang yang dikenal saja. Serta bilamana anak kecil menjadikan orang tua sebagai pesuruh ( HR.Imam Thabrani melalui Ibnu Mas'ud ra )

Banyak anak yang sukses memfungsikan ibu nya tak ubah nya sebagai buruh tukang masak atau apapun , bahkan lebih parah lagi ada juga seorang anak yang sampai malu mengakui orang tua nya karena terlihat lusuh,kumal dan kurus.

7. Shodaqoh tidak berlaku lagi



Sebagai mana pernah disebutkan nabi SAW dalam beberapa hadits nya :

Bersedekahlah kalian, sebab nanti akan tiba masa nya suatu zaman menimpa kalian ,dimana seseorang berjalan membawa sedekah nya, lalu orang yang didatangi berkata '' andaikan engkau datang kemaren ,pasti aku akan menerima shadaqah itu, dan sekarang aku tidak memerlukan shadaqah lagi...' akhir nya si dia tidak menemukan orang yang menerima shadaqah ( HR. Imam Syaikani melalui Haritsah Inu Wahb ra)

Dalam hadits lain, Nabi juga pernah menyinggung hal ini :

Sungguh kelak akan menimpa kepada manusia suatu zaman , dimana zaman itu seorang lelaki berkeliling membawa zakat berupa emas , tapi ia tidak menemukan seorang pun yang mau menerima zakat nya. Di zaman itu laki laki akan diikuti oleh 40 wanita yang berlindung pada nya , sebab terlalu sedikit laki laki dan terlalu banyak wanita ( HR.Bhukori Muslim )


8. Ilmu agama hampir lenyap, kemungkaran,zina,minuman keras meraja lela sedangkan wanita dan laki laki berbanding 50:1

Manusia lebih di dominasi ( dalam hal jumlah ) oleh kaum hawa, sedangkan zina dan minuman keras semakin meraja lela.

Apa yang kita lihat disekeliling kita selama ini, laki laki dan perempuan yang bukan muhrim sudah tanpa malu lagi berbuat asusila di tempat umum, tempat tempat minuman keras bertebaran dimana mana . Anak anak muda generasi bangsa tenggeng / mabuk miras oplosan dsb.
Ini semua adalah sebuah pertanda semakin dekat nya hari penghakiman itu....

Di dalam pendidikan juga ilmu agama terpinggirkan dengan semakin banyak nya orang lebih tertarik untuk mendalami ilmu bisnis ( dunia ) .

Sebagai mana sabda nabi SAW :

Sesungguh nya termasuk tanda tanda kiamat ; 1. ilmu agama dilenyapkan , 2. kebodohan ( dalam hal agama ) meraja lela, perbuatan zina menyebar,minuman keras banyak diminum, laki laki banyak yang mati sedang kan kaum wanita tetap, sampai 50 wanita hanya ada seorang lelaki yang melindungi nya ( HR. Iman syaikani melalui Annas ra )

9. Banyak nya fitnah yang terjadi


Hal ini senada dengan hadits nabi SAW berikut :

Kelak akan terjadi banyak fitnah : pada zaman tersebut orang duduk lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri lebh baik daripada orang yang berjalan, orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berlari ( HR. Abu hurairah ra )

Karena saking bahanya fitnah itu, rosul sampai mengibaratkan '' al fitnatu asshaddu minal qhotly '' fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan...

Karena dengan fitnah seseorang mampu menjungkir balik kan fakta, seseorang yang benar bisa menjadi pesakitan yang dipersalahkan, seseorang yang batil bisa menjadi seorang yang alim dan berwibawa.

10. Islam hanya sebutan,Qur'an hanya dibaca,masjid tidak untuk zikir,ulama menimbulkan fitnah



4 hal diatas ini merupakan sebuah undangan resmi untuk datang nya hari kiamat. Masyarakat memandang nya sebagai ulama dan disegani, namun sugguh justru dialah yang menimbulkan banyak fitnah dikalangan umat.
Pernahkah simbah menemukan kasus seperti ini ?

Masjid yang seharus nya dijadikan tempat untuk ibadah dan berzikir, sekarang berubah fungsi menjadi tempat berpolitik dan mengadu domba , lebih banyak lah mereka yang enjoy di club club malam, panti pijat plus plus ketimbang mereka yang menengadahkan tangan di dalam masjid .
Sudah kah simbah melihat ini sekarang ?

Banyak orang yang mahir baca al qur'an , merdu suara nya, namun tindak tanduk nya tak ada beda nya dengan kaum pagan .
Pernah kah simbah menemukan ini ?

Umat islam jumlah nya banyak, bagaikan buih di samudera lepas, tapi masjid kosong, perayaan tahun baru lebih meriah ketimbang idul fitri, hapal rumus rumus kimia tapi tak hapal bacaan doa qunut, mahir rumus algoritma tapi tak tau cara ber thaharah .
Pernah kah sobat simbahgugel menyaksikan fenomena fenomena seperti ini ?

Jika pernah, maka ini merupakan sebuah bukti bahwasanya saat ini manusia sendiri lah yang sedang mengundang datang nya kiamat.

Sebagaimana sabda nabi :

Akan datang suatu zaman , dimana islam hanya menjadi sebutan saja, agama hanya bentuk saja, al qur'an hanya dibaca saja,mereka memang meramaikan masjid tapi masjid itu sendiri sunyi dari zikir dan doa,orang orang paling busuk di zaman itu lah adalah ulama, karena mereka timbul banyak fitnah ,dan fitnah itu akan kembali pada mereka pula. Dan mereka ini lah yang tersebut sebagai tanda tanda kiamat . ( HR.Ali bin abi thalib ra )





Sumber referensi :
1. Buku ensiklopedia akhir zaman, karangan Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh
2. Buku Asyraatus Saa’atu ( tanda tanda hari kiamat ) di susun oleh Syaikh DR. Abdullah bin Sulaiman Al-Ghufaily.
3. Graham, Billy. Approaching Hoofbeats: The Four Horsemen of the Apocalypse
4. Buku 400 hadits akhir zaman, karangan Abu fatiah al adnani

Loading...
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar