Skip to main content

Penyebab Keputihan Yang Harus Wanita Ketahui dan Akibat Yang Ditimbulkan nya

Penyebab keputihan

simbahgugel.com - Sebelum Membahas 'penyebab keputihan' pada wanita dan akibat apa yang ditimbulkan dari keputihan itu sendiri, ada baik nya kita ulas sedikit apa itu keputihan ..
Sebenar nya mengalami keputihan itu hal yang lumrah dan wajar bagi semua wanita yang masih dalam masa menstruasi ( masih masa subur ), apa lagi buat ibu hamil sangat rentan sekali terkena gangguan ini .
Kondisi keluar nya cairan dari vagina saat keputihan merupakan cara tubuh untuk menjaga kelembapan organ kewanitaan, cairan yang diproduksi di leher rahim ini akan keluar membawa sel mati dan bakteri sehingga miss v tetap terlindungi dari infeksi .
baca juga :
cara paling ampuh mengobati keputihan tanpa obat apotik

Ada pepatah yang menyatakan 'lebih baik mencegah daripada mengobati,berobat itu mahal'' . Oleh karena itu, tindakan preventif sangat perlu dilakukan . Untuk melakukan tindakan preventif atau pencegahan ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu, yaitu : pasal penyebab keputihan dan gejala keputihan


Penyebab keputihan



  1. Penyebab Keputihan
Umum nya seorang wanita akan mengalami keputihan setidak nya 6 bulan sebelum menstruasi pertama, hal ini disebab kan karena ada nya perubahan hormon di dalam tubuh. Selain karena perubahan hormon keputihan juga kerap terjadi saat wanita terangsang,sedang meyusui atau saat stress.
Berikut beberapa faktor umum yang menyebab kan wanita mengalami menstruasi :
  • Faktor kebersihan
Kebersihan di area kewanitaan harus lah tetap terjaga dengan baik, saat kebersihan diarea tersebut kurang terjaga akan mengakibat kan miss v lembab . Dengan kondisi lembab ini bakteri patogen akan lebih mudah tumbuh dan menyerang sehingga menimbulkan keputihan
  • Faktor penggunaan obat obatan secara berlebihan
Penggunaan obat antibiotik secara terus menerus bisa menyebab kan gangguan pada sistem imun tubuh wanita, dimana saat sistem imun tubuh terganggu akan mengakibatkan seorang wanita mudah terkena gangguan keputihan. Selain itu penggunaan pil KB juga bisa berakibat pada gangguan pada keseimbangan hormonal, dimana salah satu efek samping nya bagi beberapa wanita adalah keputihan.
  • Sering berganti pasangan dan tanpa menggunakan kondom, HIV
  • menderita diabetes
  • Terjadi iritasi di dalam atau disekitar miss v
  • Menggunakan sabun yang mengandung pewangi atau parfume 
    2. Gejala dan tanda tanda keputihan

Untuk gejala penulis membagi menjadi 2 bagian ; tanda atau gejala keputihan normal dan abnormal.
Gejala Keputihan Normal :
  • Tidak Mengeluarkan Bau yang menyengat
  • Tidak berwarna atau berwarna putih
  • Meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam
Sedangkan keputihan yang abnormal di tandai dengan hal hal sebagai berikut :
  • Gatal pada area kewanitaan
  • Rasa terbakar di area miss v
  • Cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasa nya
  • Cairan yang keluar berbeda warna
  • Keluar darah saat berhubungan seksual atau di luar masa haid
  3. Akibat yang ditimbulkan dari keputihan

Jika sis Mengalami keputihan ada baik nya untuk mengobati sejak dini, karena penyakit keputihan kalau sudah kronis sangat susah untuk diobati. Bahkan jika dibiarkan berlarut larut dan kronis bisa merembet ke rongga rahim - indung telur - Rongga panggul .
Penulis sendiri sering menemukan beberapa kasus dimana wanita yang mengalami keputihan kronis dalam jangka waktu bertahun tahun menjadi mandul dan bahkan kematian.
baca juga : cara mengencangkan payudara setelah menyusui

Keputihan bisa mengakibatkan kematian ? bisakah ?...
tentu saja jawaban nya bisa, saat keputihan sudah dalam tahap kronis dan merembet kemana mana akan mengakibatkan terjadi nya kehamilan diluar kandungan,terjadi nya pendarahan,kematian pada ibu ibu dan yang paling berbahaya adalah keputihan yang abnormal bisa jadi menjadi salah satu tanda awal gejala kanker mulut rahim.
Oleh karena itu, bukan bermaksut menakut nakuti mulai saat ini jangan anggap remeh keputihan yang kamu alami , usahakan untuk selalu berkonsultasi ke dokter jika sudah mengalami gejala gejala yang abnormal.

Demikianlah artikel tentang penyebab keputihan dan penyakit yang di akibat kan oleh keputihan yang penulis bisa share ke sobat semua, semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih !.










Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar