Skip to main content

2 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Bikin Kita Serasa di Negeri Dongeng

wisata banyuwangi

Terletak di ujung paling timur Propinsi Jawa Timur, Banyuwangi tentu nya memiliki peran vital sebagai jembatan penghubung antara pulau jawa dan pulau bali. maka nya sobat simbahgugel.com jangan heran kalau antara Banguwangi dan Bali ini memiliki banyak kesamaan dalam hal budaya ,kesenian dan adat istiadat nya.

Tidak hanya sebatas itu saja sob, dalam hal potensi pariwisata ternyata Banyuwangi juga tak kalah potensi nya jika di banding kan dengan bali, bahkan baru-baru ini banyuwangi sedang trending juga lho tentang tempat-tempat wisata nya. pada gak percaya ? nih bukti nya

1. Jawatan Benculuk

tempat wisata,jawatan benculuk
sumber gambar : merahputih,com

Wisata unik ini menyajikan pemandangan hutan yang terkesan misterius namun indah dan sedap dimata, apalagi jika sobat simbahgugel.com berkunjung kesana siang hari menjelang sore terpaan sinar matahari yang menyelinap di celah-celah pohon trembesi semakin membuat tempat ini mirip seperti film-film fantasi ala hollywood, atau jangan-jangan mereka syuting nya disini kali ya ?.


Dulu nya jawatan benculuk ini merupakan sebuah bangunan tua yang digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk mengelola Transportasi Kereta Api. namun sekarang tempat ini sudah alih fungsi menjadi tempat wisata,tempat resapan air dan pengelolaan kayu jati. bukan cuma kayu jati lho flaura yang bisa sobat temukan disini,bahkan ada beberapa jenis flora yang dianggap hampir punah tumbuh disini.


Buat kalian nih yang sekarang lagi bingung mencari tempat buat photo prewedding yang bertemakan nature laksana hutan di film-film fantasi, jawatan benculuk bisa kalian jadiin referensi pilihan maknyus untuk mimpi kalian itu sob . oh iya, jangan hanya karena jawatan benculuk merupakan wisata hutan terus kalian mikir kalau disini tidak ada fasilitas yang memadahi ya. untuk masalah fasilitas pihak pengelola wisata  sudah menyediakan kantin,minimarket,musholla,toilet,lapangan olaraga sampai wifi gratis pun ada. mau manjing ? ada kok, gratis malah.

2. Wisata Kawah Gunung Hijen

kawah ijen
sumber twisata,com

Berlokasi di perbatasan antara kota Banyuwangi dan Bondowoso, kawah ijen bisa menjadi pilihan alternatif buat pickic atau sekedar berwisata guna menghilangkan penat setelah bekerja. Bentangan panorama alam nan indah dengan background gunung ijen sungguh sangat elok dipandang mata. Di tambah lagi ,ada nya pemandangan blue flare menjadikan kawah ijen unggul di banding tempat lain. Bagaimana tidak, karena cuma ada 2 di dunia ini sobat.  Blue flare sendiri adalah pemandangan api biru yang muncul dikarena kan belerang yang ada di kawah ijen.

Panorama lain yang bisa sobat jumpai disini,adanya air di dalam kawah yang kalau kita lihat sekilas sangat mirip dengan kawah putih ciwidey di bandung, berwarna tosca dengan tepi tebing berwarna putih. Tahun 2015 lalu saat penulis berkesempatan mengunjungi kawah ijen, ada beberapa hal unik yang penulis temuin , diantara nya :

  • Banyak penambang di dasar kawah : banyak nya penambang yang turun ke dasar kawah untuk mengumpulkan bongkahan belerang menjadi salah satu tontonan menarik buat saya waktu itu. Apalagi cara yang mereka gunakan masih sangat konvensional sekali,mengangkut nya pun masih menggunakan tenaga manusia. Satu kata dari saya waktu itu '' mereka sungguh bernyali atau mungkin ini lah contoh dari tuntutan hidup'', 
  • Adanya taksi/ojek manusia : jika selama ini saya sering menjumpai Grab,gojek dll , maka disini saya juga masih menemukan jasa ojek sob. Cuma beda nya ojek nya gak pakai mesin alias pakai tenaga manusia.
  • Terdapat Homestay : oh iya, ada yang kelupaan tadi, untuk melihat panorama alam blue flare kita hanya bisa menyaksikan nya di malam hari karena kalau siang gak kelihatan. Nah, untuk mengaksikan nya di malam hari otomatis kita wajib menginap kan ?!... untuk masalah inap menginap tenang saja dan tak usah bingung,bimbang atau bahkan galau karena sudah tersedia Homestay yang cukup nyaman disini, cukup siapkan budged ( tulisan nya bener gak tu ? hhh) 100-500 ribu saja.
  • Wisata kopi di kaki gunung : setelah puas melototin keindahan panorama gunung ijen jangan buru-buru dulu buat langsung cabut pulang kerumah, cobalah untuk mengeruput kopi lego ala dusun Lerek
Nah sekarang info dari point terpenting dari yang terpenting, kalau diibarat kan proses orang sakit ini yang di sebut masa inkubasi . Atau kalau gak jangan sakit deh, karena kita lagi memasukin tahun politik 'pemilu kada' kita ganti saja menjadi masa transisi, proses paling rentan dan rawan dimana ini yang bakal nentuin ke arah mana pemerintahan itu nanti nya 'aidem' .
'' ini penulis nya kenapa yak ?, kok lebay ,alay,gak nymabung dan gak jelas gini . ( harap maklum ya, kemaren habis dapet WA dari temen kalau si doi 'mantan red' mau merrit) ''

Persiapan dan perkiraan dana buat ngebolang ke Gunung Ijen :
  • Rute ke Gunung ijen : dari Banyuwangi sobat bisa langsung menuju ke Palditung , di Palditung  sobat akan temuin Loket yang biasa nya mulai buka pukul 1 dini hari hinga 12 siang hari. Dari Palditung rute nya juga tidak terlalu membingungkan karena hanya ada 1 rute dan setidak nya butuh waktu hingga 3 jam guna mencapai kawah ijen
  • harga tiket masuk : untuk wisata domestik harga tiket dikisaran 8 ribuan, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikisaran rp.100 -rp.150 ribuan. 



Loading...
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar