Skip to main content

5 Tips Hari Pertama Masuk Kerja versi fresh graduate yang Kamu Harus Tau!

sumber : magazinejob-like.com

hula hula !, apa kabar nya kalian sobat simbahgugel.com ?, khusus nya nih buat kalian yang menyandang status sebagai fresh graduate '' seorang sarjana ... beuh merasa sedikit keren pasti nya'' , bayangan akan indah nya bekerja, menjadi mandiri dalam hal financial bergema kencang di kepala mu. saat pacar ultah sudah tidak perlu lagi menyengsarakan telinga buat dengerin omelan papa mama saat minta uang, pengen beli apa-apa ya tinggal tunggu gajian. indah sekali bukan ?!

banyak dari temen-temen beranggapan bahwa dunia kerja itu sangat berbeda sekali dengan dunia perkuliahan, fakta nya ?! '' ya iya lah ,jelas beda ''  saat masuk ke dunia kerja kamu sudah tidak bisa lagi bertindak seenak nya seperti saat kuliah dulu, buat kamu saat kuliah dulu hoby nya bolos disaat jam kuliah buat hangout atau bahkan mojok bareng pacar, jangan coba-coba lakukan itu saat sudah bekerja kalau gak pengen surat SP atau malah lebih parah lagi surat pemecatan mu melayang ke muka. ''alaahh, dipecat ya cari kerja lagi !'' . yakin ni ?, gak inget ta waktu mau cari kerjaan kemaren kamu merengek-merengek minta tolong sama sodara nya dari sodara sodara nya temen nya temen mu buat masukin kamu ?, sudah lupakah kamu jual motor satu-satu nya kemaren seharga 8 juta rupiah cuma buat dikasiin sama member qnet secara cuma-cuma? .

penulis ingetin ya, di dunia pekerjaan kamu harus lebih bertanggung jawab sama yang nama nya job desk kamu, karena itu lah yang bakal nentuin karir mu di masa depan nanti . uwoww sekali ya kata kata ku, sangat dewasa dan inspiratif bingit hahaha. anyway, kalau ngomongin karir penulis ada sedikit tips ni buat sobat simbahgugel semua yang baru mau masuk hari pertama kerja , kayak apa tips nya ? ini dia :

1. jangan sampai terlambat

''hari pertama masuk kerja jangan sampai telat '' berikan kesan pertama yang baik itu tidak cuma saat deketin seseorang yang kamu taksir saja sobat, dalam dunia kerja baik atau tidak nya kesan pertama di hari pertama kamu masuk kerja terkadang sangat menentukan kelanjutan karir kamu di masa depan.

2. senyum,salam dan sapa

kamu baru saja keterima kerja ? selamat ya sob berarti kamu sudah mengungguli ratusan,ribuan bahkan puluhan ribu kandidat lainnya dan pasti nya kamu sangat bahagia bukan?. oleh karena itu jangan sia-sia kan itu, pasang donk muka ceria penuh bahagia mu, lempar senyum ke semua karyawan saat kamu menjejakan kaki untuk pertama kali di perusahaan.

perlu kamu ketahui,biasa nya kabar kedatangan kamu sebagai karyawan baru itu sudah tersebar luas keseluruh pegawai di perusahaan tempat kamu bekerja .umumnya mereka akan menerka-nerka seperti apakah kamu (karyawan baru ini)?. oleh karena itu jangan banyak basa basi kebanyakan mikir takut di cuekin lah, ini lah ,itu lah saat ketemu karyawan langsung saja ucapin '' selamat pagi''

3. perhatikan penampilan 

gak pengen kan, berangkat dari rumah dengan semangat menggebu-gebu pakai baju baru yang sudah di beli kemaren dengan tujuan tampil cakep dan trendy saat masuk kerja di hari pertama, eh malah tiba-tiba dipanggil atasan ke ruangan nya . ''ada apa ya kira-kira? ,masa langsung dapet kenaikan gaji ?!'' , bukan tapi ini yang di dapat ; '' ya mahmud ( anggep aja itu nama mu), welcome on prusahaan x . kamu habis ini ke HR ya, untuk belajar cara berpakain yang baik di kantor ini ''. kalau makna kata-kata nya sih biasa aja, tapi intonasi dan cara ngomong atasan ny itu yang bikin panas dingin

umum nya setiap perusahaan memiliki peraturan tersendiri dalam hal kostum karyawan nya dan ini juga sangat penting untuk kamu perhatikan, usakahan untuk tidak berpakaian melebihi batas aturan yang telah di tentukan karena cara berpakaian kamu juga akan menentukan kesan pertama di mata petinggi perusahaan.

4. perhatian perlengkapan kerja yang akan di bawa

buat sobat yang baru keterima kerja, memperhatikan perlengkapan yang akan di bawah ke kantor merupakan suatu keharusan, pada gak pengen kan pas sudah di kantor eh malah sobat bawa barang yang gak penting. 

5. sosialisasi dan inisiatif

sebagai karyawan baru sudah pasti sobat bakal ngalamin yang nama nya ''tools function confusing syndrome'' , weleh weleh ini apa lagi maksut nya hahaha ( saya kok ngerasa jadi sama persis kayak vicky prasetyo ya 'sok-sok an pakai b inggris tapi gak nyambung) . jadi maksut penulis gini , nama nya perusahaan atau kantor tentu nya banyak sekali alat-alat yang bahkan cara gunanya dan fungsi nya kamu gak ngerti sama sekali. untuk itu jangan sungkan untuk menanyakan nya sama karyawan lain, kalau perlu mintalah bantuan ke mereka untuk mengajari kamu.

sobat kan sudah di bantuin tu, sekarang apa salah nya kamu berinisiatif buat pesenin dia kopi atau makanan buat dia ( tapi inget,jangan cuma pesen doank lho ya ,kudu kamu juga yang bayar). manfaat nya apa ? , yang pertama pasti tindakan ini akan menunjukan jika kamu itu orang nya punya respect dan tu terima kasih, yang ke dua kamu akan kelihatan friendly dan tau terima kasih tentu nya.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar