Skip to main content

pengen backpacker an ke korsel ? simak dulu ulasan biaya hidup di korea selatan ini

hal pertama yang wajib kamu persiapkan sebelum backpacker an ke korea adalah persiapan untuk biaya hidup di korea, soal hitung hitung an ini sangat penting di persiapkan jauh jauh hari khusus buat kantong orang indonesia umum nya, soal nya yang namanya hidup di negara orang tentu sangat berbeda dengan kita. sebagai contoh perbandingan air mineral dengan takaran 300 liter kalau di indonesia di hargai 3500 sedangkan di korea selatan lebih mahal lagi yaitu dikisaran 10 ribuan. itu baru air mineral masgan...

biaya hidup di korea selatan
sumber gambar mic.com

Kali ini kita akan mencoba ngebahas tentang biaya hidup di korea selatan versi irit , jadi sebenar nya banyak faktor yang mempengaruhi berapa biaya hidup di korea selatan itu diantara nya, tergantung di kota mana kita tinggal kemudian gaya hidup kita saat tinggal disana juga sangat berpengaruh. nah sudah pada gatel pengen backpacker an ke korea selatan ?, yuk simak perkiraan biaya hidup di korsel ini versi hemat super irit ala simbahgugel.com

Yang pertama adalah biaya tempat tinggal : untuk yang satu ini sengaja penulis bahas di awal sebab kenapa, ya gak mungkin juga kan udah jauh jauh flight ke korsel buat backpacker an dengan gaya yang super stylish pas nyampe di sana nginep di jalan, sangat tidak lucu. Nah untuk tempat tinggal khusus nya buat traveller modal cekak pas pas an kayak kita sebenar nya ada beberapa tipe yang bisa kita gunakan, penulis ambil yang harga tengah nya ya yaitu dikisaran 250.000 won per bulan nya atau jika di rupiahin di sekitar 3.250.000 .

Perkiraan biaya yang kedua : biaya makan, setelah masalah tempat tinggal udah fix dan clear masalah biaya yang ke dua ya apa lagi kalau bukan urusan perut. Ngomongin biaya pengganjal perut di korsel hal yang pertama sobat harus ingat adalah pintar pintar lah dalam menentukan tempat makan, pilih lah tempat makan yang paling murah plus mengenyangkan. nanti gara gara urusan makan sobat malah bikin malu indonesia lagi main masuk aja rumah makan tanpa riset dulu langsung pesan, selesai makan kenyang eh pas di sodorin bill sama waiters nya pingsang ngeliat tagihan nya.

Berdasarkan pengalaman saya untuk badged minimal dari hasil riset dan perjuangan sewaktu tinggal di sana yaitu 3000 won untuk sekali makan. Ingat lho ya itu untuk sekali makan, jadi mari kita coba hitung berapa biaya makan untuk satu bulan di korea selatan, 3000 won x 30 ? ‘’berapa ya hasil nya?,’’sebentar saya ambil kalkulator dulu ya, harap maklum dulu kuliah nya ngambil jurusan percocotan jadi urusan counting mengcounting nol besar.

backpacker an ke korea selatan
sumber gambar cnn.com

Udah ni, setelah penulis hitung 3000x30 dapet nya 105.000 won ( kalau hasil nya salah harap maklum ya sobat, kalkulator nya dah tua ). nah 105 ribun won ini kalau kita change ke rupiah kira kira ya 1,3 jutaan lah masgan. Cukup terjangkau sih ya kan kalau total dikisaran itu.karena hasil diatas untuk satu kali makan dalam sehari, dan umum nya kita makan sehari 3x. untuk 2x sisa nya gimana ?, ya pintar pintar masgan nya. Trik nya gampang kok, usahakan makan jam 11 atau 12 siang (merangkap sarapan dan makan siang) terus sebelum berangkat dari indonesia siapkah 1 tas carriel khusus buat bawa roti yang harga nya seribuan (banyak di toko toko deket rumah mu), penuhin tuh tas carriel sama roti ini fungsi nya buat makan malam mu.

Perkiraan biaya ketiga : biaya wifi,air,listrik . kalau ngebahas alayer sobat semua pasti sama aja kayak saya ‘’ sosmed addict’’ . sehari tanpa bikin state di facebook sehari tanpa bikin tweat itu rasa nya kayak dunia tanpa cahaya (aidem hahaa) seakan minta sedikit kecupan sama pacar tetapi malah tamparan yang di dapat . apalagi bisa jadi ini travelling sekali seumur hidup ke korea selatan akan sangat sayang banget kalau gak pamer sama temen temen di indo dengan upload video dan gambar di sosmed nya, nah untuk ini kan butuh kuota. Sebener nya sih bisa pamer nya nunggu pulang ke indo dulu, tapi dasar udah gak tahan buat pamer ya gimana lagi ( ngaku aja yang kelakuan nya seperti ini ).

Belum lagi biaya air dan listrik, jangan sobat samain kehidupan di korea selatan itu sama dengan kehidupan di kampung mu, air disana bayar bro. Perlu sobat ketahui, korea selatan punya 4 musim gimana coba pas sobat nya travelling kesana bertepatan dengan musim winter, pada gak mau kan jadi ikan beku ? kalau gak mau ya nyalain heater donk. Dan siap siap buat bayar listrik lebih. Terus berapa kira kira perkiraan budged buat kuota,air dan listrik ?, kecil kok sobat, berdasarkan pengalaman penulis untuk satu bulan menghabis kan 50 ribu won atau 600 ribuan.

Perkiraan biaya hidup di korsel keempat : biaya transportasi .
Paino :’lho paijo !, kok kamu di rumah ? katanya kemaren ke korea selatan,gak jadi ta? kapan pulang nya, tau tau dah dirumah aja nih’’
Paijo : hahaha, iya nih no, jadi kok ke korsel. Lusa kemaren nyampe naik garuda . oh iya itu aku bawain oleh oleh pin bergambar lee min hoo ( tulisan nya bener gak ya, kalau salah pencinta k drama jangan ngamuk ya hahaha)
Paino : gak nanya aku kamu naik apa. Eh betewe, puas donk kamu keliling2,foto2 di korsel ? gimana cewe2 nya muhlus muhlus ? pada pakai rok mini semua ya kayak di tipi tipi ? tapi dapet kan satu atau dua nomor telpon nya ? atau kamu dapet ihihihik….. cerita wuooiii
Paijo : ora no, aku gak kemana mana, dari bandara langsung cari tempat tinggal. Paling keluar ya pas makan sambil sekali kali duduk2 di depan rumah tempat ku nyewa
Paino : lho kok gak kemana mana, gimana sih ?!
Paijo : takut kehabisan uang kagak bisa pulang no ..
Paino : yoalah jo jo, ngopoi kowe adoh2 ke korsel lak gor teko teros planga plongo ngono kui !!

Sobat pada gak mau kan udah jauh jauh , gaya gayaan plus seminggu sebelum berangkat bikin status di fb 6 paragraph buat ngumumin keberangkatan mu ke korea selatan tapi waktu nyampe disana cuman diem aja di kontrakan ?, disinilah penting nya memanage perkiraan biaya. Sebener nya tergantung sih,tapi saya saranin buat kamu yang pengen traveller ke korsel minimal siapkan dana khusus buat transport minimal 50 ribu won atau Rp.650 ribu dalam sebulan.

Perkiraan biaya kelima : biaya lain lain

 Buat jaga jaga kali aja pas di korsel ada cewek cantik ngajakin kenalan terus ngajakin makan, gak mungkin juga kan dia yang bayar. Belum lagi biaya tak terduga lainnya seperti sabun habis,parfume habis,pengen beli baju, emak di kampung telvon minta dibawaain oleh oleh kebaya khas korsel ( emang ada ?) . jadi saya saranin kamu buat siapin dana khusus sebesar 30 ribu won.

biaya di korsel
sumber aseancruising.com

Nah sobat simbahgugel, buat kamu yang udah ngebet pengen backpacker an kesana tapi masih bingung sama biaya hidup di korea selatan mungkin referensi di atas bisa kamu jadiin patokan. Penjabaran perkiraan biaya hidup di korsel di atas belum termasuk ongkos pesawat ya, untuk ongkos pesawat bisa sobat check langsung ke situs tiket dot com,traveloka dll . terus biaya keseluruhan di luar tiket berapa ? , ya tinggal sobat jumlahin aja ‘’ biaya sewa tempat tinggal 250 ribu won + biaya makan 105 ribu won + listrik,inet dll 50 ribu won + transportasi 50 ribu won + lain lain 50 ribu won = …..“ . sebentar saya ambil kalkulator dulu.

Waduh, sobat hitung sendiri aja ya ! kalkulator nyambek masgan . terimakasih semoga bermanfaat , tunggu artikel kita selanjut nya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar