Skip to main content

Kebiasaan Anak Muda Pengen Tampil Keren ini Malah Bisa Bikin Botak , Benar kah?

Di era milenial seperti saat ini, fungsi sebuah topi bukan lagi hanya sebatas alat untuk melindungi diri khusus nya wajah dari paparan panas sinar matahari. akan tetapi lebih sering menjadi pilihan untuk tampil modis khusus buat anak muda. malah ada beberapa orang beranggapan kalau memakai topi tingkat kegantengan nya meningkat drastis sepersekian % yang ujung ujung nya dapat memompa tingkat kepedean seseorang, apapun itu entah itu fakta atau hanya sebatas mitos saja itu terserah kita menerjemahkan fenomena tersebut bagaimana. tapi taukah kamu sobat simbahgugel.com , bahwa ada beberapa orang juga beranggapan kalau terlalu sering memakai topi itu bisa menyebab kan kebotakan? benarkah pemikiran ini? simak fakta fakta berikut

botak
sumber gambar obatrambutbotak,net

saat rambut rontok mungkin kebanyakan dari kita akan langsung cemas, was was dan takut 'jangan jangan mau botak nih rambut, masa masih muda udah botak, apa kata dunia', begitu kira kira pemikiran kita. sebenar nya jika kita mengalami rambut rontok 50-100 helai per hari itu masih wajar sih selama rambut baru masih tumbuh, yang bahaya itu kalau kerontokan pada rambut tidak di barengin dengan tumbuh nya rambut baru, karena jika hal ini terjadi sudah hampir pasti menjadi pemuda berkepala profesor terjadi pada kita.

sebelum itu, ada baik nya kita pahami dulu 3 faktor utama penyebab kebotakan pada pria berikut

1. faktor keturunan
umum nya kebotakan yang terjadi itu di karena faktor ini disebabkan oleh androgenetik alopecia, yang merupakan faktor keturunan dan dipengaruhi oleh hormon androgen., pola kebotakan yang terjadi pada pria dan wanita sedikit berbeda pada faktor ini, pada pria terjadi diawali dari garis rambut di dahi yang makin mundur kebelakang disertai titik atau daerah lingkaran kebotakan kecil pada kulit kepala,sedangkan pada wanita berawal dari makin menipis nya rambut.

2. perubahan hormon
rontok pada rambut biasa nya juga disebab kan oleh ketidak seimbangan hormon, salah satu hormon yang mempengaruhi ini adalah hormon androgen atau hormon s3ks pada pria. karena salah satu fungsi dari hormon ini adalah untuk mengatur pertumbuhan rambut

3. kondisi medis dan pengobatan
kondisi drop pada kesehatan dan sedang dalam masa pengobatan terkadang juga dapat mempengaruhi kebotakan pada seseorang, seperti ganggua pada kelenjar tiroid,anemia ataupun penyakit autoium.

lalu benarkah menggunakan topi bisa menyebab kan kebotakan pada pria ?

sering melihat beberapa teman yang menggunakan topi, ketika topi itu di buka rambut nya terlihat tipis seperti mau botak, selain itu di saat nonton film dimana pemeran nya memakai topi dan saat topi itu di buka... jeng jeng..... rata rata mereka botak semua . sugesti dari  apa yang sering kita lihat ini mungkin menurut analisa penulis menjadi penyebab kenapa beberapa dari kita beranggapan bahwa memakai topi bisa menyebab kan ke botakan. lalu manakah yang benar sugesti dari kebanyakan orang atau analisa dari penulis ? mari kita coba simak beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan para ahli di united state of amerika ini : 
( ah !, gaya gaya an lu tong, tinggal tulis amerika serikat aja pake sok2 an pake b inggris, mana salah lagi tulisan nya itu, bukan nya seharus nya 'america' ya bukan pakai 'K ' ,hahaha)

rambut botak
sumber citraindonesia,com

sebuah penelitian yang telah di terbitkan di journal Plastic and Reconstructive Surgeons,james gatherwright dan tim nya melakukan pengamatan pada 92 pria dan 98 wanita yang memiliki kebiasaan memakai topi, penelitian ini dilakukan dengan cara mengukur lama pemakaian topi dan kadar hormon testoteron pada pria dan wanita. dan hasil nya, mereka menemukan kecenderungan bahwa semakin lama seorang pria memakai topi maka semakin cepat mereka mengalami kebotakan di bagian alis temporal kepala bagian belakang, begitupun juga dengan wanita .

banyak yang bertanya tanya (termasuk penulis sendiri ), memang apa hubungan nya antara topi dan botak ?
sebuah fakta yang harus dan wajib kita ketahui bahwa antara rambut dan kulit kepala itu juga membutuh kan oksigen untuk bernafas( ternyata bukan cangkem dan hidung kita doank ya,baru tau nih), dengan sering nya memakai topi apalagi sangat ketat dapat menghalangi suhu panas keluar dari kepala dan terhambat nya sirkulasi oksigen masuk pada rambut kita, akibat nya aliran darah dari folikel terhambat dan memicu streess sehingga batang rambut lama kelamaan menjadi stress dan rontok.

waduh jadi bahaya banget ya ternyata memakai topi itu ?!.  gak juga kok sobat, itu terantung dari jenis topi apa yang kita pakai, sekencang apa kita memakai nya,seberapa lama kita makai nya. selama memakai nya tidak berlebih lebihan ya aman aman saja kok. ''parmo : lho bejo raimu kok jadi hitam legam gitu?, kesiram aspal kamu ?.  bejo : ndasmu kui, aku kerjo mo jadi tukang dodos sawit sekarang, jadi gini karena gak pernah ,takut pakai topi . parmo : kok bisa takut?! . bejo : serem mo, aku baca disini : ''Kebiasaan Anak Muda Pengen Tampil Keren ini Malah Bisa Bikin Botak 


Loading...
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar