Skip to main content

Benar Kah Menikah Muda Itu Akan Seindah Masa Pacaran? Study Kasus Ini Buktikan Fakta Lain

masa masa pacaran itu masa paling berapi-api,penuh gairah semangat yang menggebu, apalagi baru seminggu jadian semua terasa begitu manis bahkan sampai pahit nya brotowali pun tak mempan sama sekali. bangun tidur pagi pagi sekali  8.90 wib (biasa nya jam 10 wib) bukan cuci muka melainkan mengambil smartphone nya hanya untuk sekedar mengucapkan ''met pagi sayang,dah  bangun belum,bangun gehh dah ciang ni, jangan lupa sarapan ya muachh !''.

waktu sarapan pun gak kalah serem nya, nasi sayur dan lauk paha ayam di piring pun berubah 360% menjadi muka si pacar sehingga tak kuasa menyantap nya ''wajar lah 'gimana sanggup menelan muka pacar' , alhasil badan kurus kering kurang makan.

menikah diusia muda
sumber gambar hipwee,com

tiada hari tanpa chattingan, sehari tanpa telvonan dan ketemuan rasa rindu serasa 1 tahun gak ketemu. mungkin dari statemen diatas sedikit berbau hiperbola buat sebagian orang '' lebay , gue pacaran gak gitu gitu amat, biasa aja keles..' .

Baca juga : Pengen kencani tante bohay ? berikut cara mendapatkan nya ?

memang benar mungkin tidak sampai segitu nya deskripsi tentang indah nya masa pacaran itu tapi setidak nya deskripsi diatas sedikit mewakili fakta dan fenomena yang terjadi saat ini.

puncak dari sebuah hubungan percintaan ya pernikahan, apalagi kalau bukan itu. seorang pria yang sudah dengan gentle nya melamar dan menikahi gadis pujaan hati nya ini menandakan kalau dia benar benar serius mencintai,serius dalam membina sebuah hubungan.

di tahun 2014 lalu sewaktu penulis masih berstatus sebagai mahasiswa di sebuah universitas x jurusan percocotan ( jurusan apa ini? tanya sma simbahgoogle ya) pernah melakukan sedikit experimen dengan menggunakan metode questionaire terhadap 100 cowok dan 100 cewek dengan rentan usia 19 sampai 20 tahun yang sedang menjalin hubungan percintaan secara acak.berikut hasil experiment saya waktu itu :

a. 70 % respondent membayangkan,beranggapan meyakini pasangan nya saat ini lah yang terbaik
    , mereka siap menikah dan yakin akan bahagia dengan pasangan nya

b. 30% dari responden memilih netral, maksut nya mereka hanya menjalani yang sekarang dan               beranggapan masalah terbaik atau bukan setiap berhubungan dengan orang yang berbeda pasti             punya kelemahan dan kelebihan masing masing. untuk pertanyaan tentang siap menikah mereka          lebih memilih menjawab dengan di plomatis, ''belum kepikiran masih pengen fokus ke belajar dll        tapi kalaupun menikah ya berarti sudah jodoh.''

oh iya, mungkin ada sebagian dari sobat simbahgugel.com mikir nih, kurang kerjaan amat sampai bikin experimen segala, emang penulis ngambil mata kuliah tentang cinta cintaan ya? .

enggak kok, saya berexperimen ini karena rasa penasaran saja sebab waktu itu banyak dari teman orang orang disekitar tempat saya kost menikah di usia muda.  memang, faktor penyebab nya bukan hanya karena cinta tapi ada sebagian juga yang dikarena kan kecelakaan 'mencoblos sebelum waktu nya'. walaupun demikian hal ini tidak menurunkan rasa penasaran saya.

untuk pemilihan respondent dengan rentan usia 19-20 tahun ini dilakukan karena menurut penulis di masa ini lah perpindahan masa remaja ke dewasa '' masa rawan''.

lalu bagaimana dengan hasil nya ? dapat kita lihat di atas 70% dari mereka sudah siap untuk menikah, benar-benar yakin dengan pasangan nya, mungkin karena sebab ini juga kali ya banyak dari wanita yang rela di coblos duluan. ntah lah, yang jelas banyak faktor ( nanti deh akan coba saya bahas di postingan selanjut nya ).

umum nya seseorang yang telah menikah di usia muda saat ditanya alasan nya, dimanapun kapan pun dan oleh siapapun rata rata akan memberikan jawaban yang hampir sama '' menikah itu enak mau ngapa2 in dah gak bakal ada yang ngelarang,pengen kopi ada yang bikinin,cuci piring dan masak bareng bareng,tidur ada yang kelonin, nikahlah enak kok ngapain lama lama rugi kamu'', bener gak ?. sudah berapa lama dia menikah? 6 bulan , '' jangan heran kalau gitu. lalu benar kah menikah muda itu seindah masa pacaran ? sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita simak cerita berikut terlebih dahulu

masa pacaran
sumber blognikah,co,id

saat kuliah tepat nya 2013 lalu, penulis menyewa rumah bedengan (kontrakan) dimana salah satu tetangga yang menyewa adalah sepasang suami istri dengan 1 anak berumur 2 tahun.

 jadi bisa kita asumsikan mereka sudah menjadi suami istri selama 3 tahun, kita abaikan ya kemungkinan bahwa mereka kecelakaan duluan (suudzhon itu dosa hehe) . hampir saban hari entah itu siang pagi atau bahkan malam pun, saya sering sekali mendengar suara suara yang .... haduh  gak sanggup aku .

  waahhh, parah ni penulis suka nguping atau jangan jangan hobi ngintip juga ni ? . gak lah, enggak serendah itu penulis ini sobat. jelek jelek gini adat timur masih rada di junjung tinggi kok, lagian juga arah cerita ini bukan kesana ihhh...keributan,baku hantam,lempar piring,caci maki, ini maksut nya ,pada cepet ngeres ni pikiran nya pasti pada ngarepin suara eerangan kan !! ngaku ... !

 hahaha. tapi saya jujur nih ( rahasia kita aja ya hahaha),hari itu penulis sedang tidak enak badan (gak masuk kuliah)jadi dari pagi kerja nya tiduran di kasur (mungkin karena ini tetangga mengira saya gak di rumah) nah pas siang karena lapar pengen makan saya ke kamar mandi niat nya mau cuci muka tapi urung, kenapa?.

baca juga :
teori sesat tentang cara membuat wanita tidak hamil saat hubungan intim, ini fakta ya

 Ada suara aneh di kamar mandi sebelah sobat, gini nih suara nya ''plak plokk plakk plok,cepak ceplok dan kadang kadang ada suara 3eerangan kayak ketahan gitu. karena penasaran saya panjat bak mandi buat memastikan apa gerangan yang sebenar nya terjadi melalui lobang2 sekat plafon. pas ngintipp nyesel banget saya masgan, nyesel kenapa gak bangun dari tadi karena ternyata  suami nya sedang asik mencoblos hahaha '' suami nya tiduran di lantai istri nya duduk d atas nya,polos gede kayak semangka bawah nya rimbun tembem dan ada yang nancep disana'' ajib kan !. 

udah ya buat intermezo doang dah kayak blog apaan aja nih , tapi sumpah lho cuma sekali itu doank saya menghintip. balik lagi ke cerita , dari yang saya denger mereka menikah di usia 20 tahun di awal awal menikah juga sama kok, mesra dan romantis. keributan keributan saban hari ini mulai terjadi setelah 1 tahun menikah. dan terkadang yang dipermasalahkan juga hal hal sepele yang jelas gak jauh jauh dari cemburu,uang,jengkel karena lama ganti baju atau lama bikin kopi dan biasa nya berujung pada makian,lempar gelas dan tamparan, serem kan sob ! tapi apa si suami nya gak inget kah dengan kamar mandi ?

tips menikah muda
sumber bintang,com


pernah kah kalian membayangkan kejadian seperti cerita nyata di atas saat akan memutuskan menikah muda? seharus nya cerita cerita seperti di atas tersebut menjadi patokan saat akan memutus kan untuk menikah muda...sebagai tambahan berikut 5 hal yang akan menyadarkan mu untuk lebih sedikit mempertimbangkan saat hendak mengahiri masa pacaran ke jenjang selanjut nya

1. setelah menikah kamu akan menemukan sisi lain dari pasangan mu
tidak perduli itu cewek atau cowok saat pacaran mereka akan menunjukan sisi sisi terbaik nya saja dari diri nya fakta ini sudah baku. setelah menikah dengan kalian bersama sama 24 jam penuh lambat laun hal hal negatif,kebiasaan kebiasaan buruk,watak yang selama ini tidak pernah di tunjukan oleh pasangan mu saat pacaran dulu akan mulai tampak .

2. kaget saat gajian kamu merasa pusing mikirin pengeluaran yang jauh lebih besar ketimbang dulu saat single.
dulu pas gajian yang dipikrin cuma mau beli apa ya,makan dimana ya,modif motor dimana ya yang bagus. hal ini berbanding terbalik saat menikah karena kamu akan mulai di pusing kan dengan kebutuhan2 lain nya, contoh nya kebutuhan rumah tangga

3. jarang kumpul bareng temen
ini sangat umum terjadi, yang biasa nya setiap hari kumpul bareng temen, kita gak ada waktu nongkrong temen2 sibuk sms in call dsb tapi setelah menikah tidak ada lagi temen yang chat atau call ngajakin nongkrong. bukan apa apa, karena temen2 nya tau diri sudah ada pelangkat besar di kening mu ''sudah menikah''.

4. banyak konflik yang menghadang
yang nama nya konflik itu gak bakal pandang bulu, mau yang baru menikah sampai yang sudah puluhan tahun menikah pun gak ada beda nya. kebanyakan pasangan yang memutuskan untuk menikah muda akan membayangkan yang indah indah saja seperti kebanyakan film film romantis dimana sepasang kekasih hampir pasti akan hidup bahagia. coba geh sobat perhatikan di film tersebut rata rata di awal awal film pasti terjadi konflik entah itu orang ketiga,selingkuh,tidak di restui orang tua dll  dan masalah itu kelar saat pasangan itu menikah,bener gak?. kok tau masalah nya kelar? ya jelas selesai karena film nya tamat. paradigma ini lah yang selama ini di jejal kan ke kita sehingga lambat laun menjadi kan hal konyol tersebut sebagai patokan bahwa masalah apapun yang terjadi saat masa pacaran itu akan beres setelah menikah. padahal fakta nya tidak, dengan menikahlah masalah yang sebenar nya itu akan banyak bermunculan. 

jika demikian apakah salah dengan keputusan menikah di usia muda ?, tentu saja tidak. yang salah itu memutuskan kejenjang pernikahan tanpa memahami terlebih dahulu makna dari sebuah ikatan pernikahan dengan hanya membayangkan yang enak enak nya saja tanpa mempertimbang kan problema yang sering dihadapi dari pernikahan itu sendiri. intinya pupuk dulu kedewasaan dirimu dan pasangan mu baru kemudian putus kan mau kamu perpanjang masa pacaran atau kamu lanjutkan ke jenjang pernikahan di usia mu sekarang.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA TUNGGU POSTINGAN SELANJUT NYA
Loading...
Loading...
Loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar